Sukses

⁠⁠⁠Tiga Jurus XL Mengakomodasi Kebutuhan Data Pelanggan

Liputan6.com, Jakarta - Senior Advisor XL Center & Postpaid XL Axiata, Rashad Javier Sanchez, mengungkap ada tiga hal yang akan dilakukan XL untuk mengakomodasi kebutuhan layanan data broadband. Persiapan ini dilakukan karena kebutuhan terhadap layanan data akan terus meningkat.

Langkah pertama yang akan dilakukan adalah membangun ekosistem 4,5G di Indonesia, antara lain mengundang penyedia perangkat untuk menguji perangkat yang akan diluncurkan di sini.

"Tentunya, tes ini perlu dilakukan di XL 4.5G Xperience Zone untuk memastikan dukungan layanan teknologi pendukung 4,5G di perangkat yang di uji. Saat ini kami sudah mulai uji coba perangkat dari beberapa prinsipal dan pabrikan, seperti dari Erafone, Netgear, Huawei dan Askey," jelas Rashad pada peresmian 4.5G Xperience Zone di kawasan Jakarta, Rabu (5/4/2017).

Langkah kedua, katanya, mengenalkan arah perkembangan teknologi 4G ke masyarakat, baik pelanggan XL maupun masyarakat pada umumnya. Pengenalan ini antara lain meliputi pengetahuan mengenai teknologi 4,5G dan memberikan pengalaman langsung kecanggihan teknologi mendatang di XL 4.5G Xperience Zone.

"Dengan mengenal lebih lanjut, masyarakat akan mengetahui manfaat yang bisa didapatkan dari teknologi terbaru ini dan penyesuaian yang perlu di lakukan dalam pemilihan perangkat yang mendukung layanan 4,5G," sambung Rashad.

Langkah ketiga, dengan kesiapan pengetahuan masyarakat tentang 4,5G dan ekosistem pendukungnya, XL sekaligus juga mendukung visi pemerintah untuk menggelar layanan 4,5G di Asian Games 2018.

Menkominfo beberapa waktu yang lalu menyatakan harapannya agar layanan 4,5G sudah bisa dioperasikan secara maksimal untuk mendukung hajatan olahraga terbesar di Asia tersebut, di mana Indonesia menjadi tuan rumah. Jakarta dan Palembang telah ditetapkan menjadi lokasi penyelenggaraan cabang-cabang olahraga Asian Games.

Lebih lanjut, XL juga terus memperkuat infrastruktur pendukung layanan 4,5G. Tahun ini, manajemen XL Axiata juga telah menganggarkan dana belanja modal (capex) sekira Rp 7 triliun. Alokasi belanja modal tersebut sesuai dengan fokus XL pada tahun ini ini, yaitu memperluas dan meningkatkan jaringan 4G.

Pada tahun ini, XL akan membangun sekira 17 ribu BTS 4G di berbagai daerah. Pada skala kota, XL menargetkan akan mengembangkan terus layanan 4G ke lebih dari 330 kota di berbagai daerah, termasuk di luar Jawa. Saat ini, cakupan layanan 4G XL telah mencapai sekitar 53 persen populasi Indonesia.

(Din/Cas)

Artikel Selanjutnya
Pesan Menkominfo Buat Pengawal Jaringan di Malam Lebaran
Artikel Selanjutnya
Bos dan Ratusan Karyawan Didepak, Bagaimana Nasib Alfacart?