Sukses

Resmi Diumumkan, Apakah Project Scorpio Mampu Saingi PS4 Pro?

Liputan6.com, Jakarta - Seperti diwartakan sebelumnya, Microsoft resmi mengungkap konsol teranyarnya yang sementara ini masih diberi nama Project Scorpio. Diumumkan pertama kali pada ajang E3 2016, Project Scorpio akan menjadi penerus Xbox One dan diklaim mampu menghadirkan kemampuan bermain gim dalam format 4K.

Meski begitu, masih tersisa beberapa pertanyaan di benak banyak pemain semisal apakah Project Scorpio mampu bersaing dengan PlayStation 4 Pro?

"Dari segi spesifikasi, performa hardware Project Scorpio lebih kuat dan mampu melakukan apa yang PlayStation 4 Pro lakukan," ungkap Richard Leadbetter, selaku analis di Digital Foundry yang Tekno Liputan6.com kutip, Jumat (7/4/2017).

Spesifikasi Project Scorpio memang lebih unggul ketimbang PS4 Pro. Namun, apakah kemampuan hardware semata mampu memenangkan hati pemain di seluruh dunia? Belum tentu.

Spesifikasi Project Scorpio

  • CPU - 8 inti x86 AMD "Ryzen" khusus kecepatan clock di 2.3GHz
  • GPU - 40 kustomisasi unit dengan kecepatan clock di 1172MHz
  • RAM GDDR5 - 12GB dengan memory bandwidth 326GB/s
  • HDD 2.5 inci - 1TB
  • UHD Blu-ray drive

Spesifikasi PS4 Pro

  • CPU- 8 inti x86-64 AMD "Jaguar" kecepatan clock 2.1 GHz
  • GPU - 4.20 TFLOPS, AMD Radeon berkecepatan 911 MHz
  • RAM GDDR5 - 8GB dengan memory bandwidth 218GB/s
  • HDD 2.5 inci - 1TB
  • BD/ DVD drive
1 dari 2 halaman

Jajaran Gim hingga Harga

Microsoft ungkap konsol terbaru yang diberi nama Project Scorpio. Doc: The Verge

Kemampuan hardware hanya satu bagian kisah kesuksesan saat konsol ini meluncur di pasaran. Tanpa judul gim yang bisa mengoptimalkan kemampuan hardware, nasib Project Scorpio mungkin akan berakhir seperti Xbox One atau lebih buruk lagi seperti Wii U.

Poin inilah yang akan menentukan pemain tertarik membeli konsol yang mana. Di PS4 Pro, Sony berkomitmen menyuplai konsol barunya dengan beragam judul gim eksklusif untuk saat ini hingga ke depannya. 

Bagaimana dengan Microsoft? Perusahaan saat ini masih belum memberikan informasi judul gim eksklusif di Project Scorpio. Namun, mereka menjanjikan gim-gim Xbox One dan Xbox 360 akan bisa dimainkan di Project Scorpio.

Lalu bagaimana perbandingan harga kedua konsol unggulan masing-masing perusahaan? Berkaca pada harga PS4 Pro saat pertama kali diluncurkan, Project Scorpio diestimasi akan dibanderol di kisaran US$499 atau sekitar Rp 6,7 jutaan.

Juga sekadar informasi, Microsoft kabarnya mempercepat produksi Project Scorpio dan akan meluncurkannya pada akhir 2017.

(Ysl/Why)

Artikel Selanjutnya
Xiaomi Mi Max Akhirnya Kebagian Android Nougat
Artikel Selanjutnya
Spesifikasi Google Pixel 2 Kembali Bocor di Internet