Sukses

Bocoran Spesifikasi iMac Pro Terungkap

Spesifikasi dari iMac yang ditujukan untuk kebutuhan profesional akhirnya terungkap.

Liputan6.com, Jakarta - Awal pekan ini, Apple memastikan akan memperbarui sejumlah lini produk untuk kebutuhan komputasi. Salah satu perangkat yang sempat diungkap oleh perusahaan asal Cupertino adalah kehadiran iMac Pro.

Sayangnya, perusahaan itu  belum mengungkap spesifikasi dari desktop yang ditujukan untuk kebutuhan profesional tersebut. Namun laporan terbaru dari Pike Universum, sedikit mengungkap spesifikasi dari iMac Pro.

Dikutip dari Ubergizmo, Sabtu (8/4/2017), iMac terbaru ini akan dibekali ECC RAM 16GB yang dapat ditambah hingga 64GB. Spesifikasi ini lebih tinggi dari RAM yang disematkan pada iMac versi biasa, non-ECC RAM dengan kapasitas 8GB.

Selain itu, perangkat desktop ini juga akan didukung NVMe SSD dengan kapasitas 2TB dan Intel Xeon E3. iMac yang belum dipastikan penamaannya ini juga disebut-sebut akan menggunakan kartu grafis dari AMD.

Fitur lain yang juga dirumorkan bakal hadir di iMac Pro adalah port Thunderbolt 3. Menurut rencana, iMac anyar ini akan diperkenalkan pada akhir Oktober 2017 bersama dengan keyboard model terbaru. Namun mengingat kabar ini belum resmi, kemungkinan akan ada perubahan spesifikasi. 

Sebagai informasi, keputusan Apple menghadirkan iMac versi profesional ini tak lepas dari kebutuhan pengguna yang menginginkan perangkat dengan spesifikasi mumpuni.

"Kami berencana untuk mulai menciptakan konfigurasi iMac yang secara spesifik ditujukan untuk kebutuhan profesional," tutur SVP of Marketing Apple Phil Schiller beberapa waktu lalu.

Meskipun belum mengungkap detail resmi, Schiller memastikan perangkat ini tak akan dibekali dengan layar sentuh. Menurutnya, kemampuan layar sentuh tak masuk dalam daftar kemampuan yang menarik bagi pengguna profesional.

"Mereka (pengguna profesional) lebih tertarik pada hal lain, seperti kinerja, penyimpanan, termasuk kemungkinan pembaruan," ujarnya.

Selain iMac terbaru, Apple juga mengumumkan telah menyiapkan versi terbaru dari Mac Pro pada 2018.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.