Sukses

Adobe Gunakan Kecerdasan Buatan untuk Poles Foto Selfie

Perusahaan pembesut software Photoshop itu mengembangkan fitur penyunting foto selfie dari teknologi kecerdasan buatan.

Liputan6.com, San Jose - Kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence) kini tengah menjadi teknologi yang dilirik Adobe. Pasalnya, perusahaan pembesut software Photoshop itu ingin mempermudah pengalaman menyunting foto dengan cara yang lebih cepat dan praktis.

Setelah sebelumnya kecerdasan buatan dimanfaatkan Adobe dengan menggabungkan dua foto menjadi satu, kini perusahaan yang bermarkas di San Jose, California, Amerika Serikat (AS) tersebut menjajalnya untuk menciptakan fitur mempercantik foto selfie.

Seperti dilansir The Next Web, Senin (10/4/2017), fitur yang dikembangkan divisi Adobe Research tersebut diberi nama "Sensei". Mekanismenya, mereka akan menciptakan aplikasi yang terpisah dari Adobe Photoshop dengan sejumlah fitur Beautify untuk memoles foto selfie.

Adobe mengklaim, fitur ini tak hanya digunakan sekadar untuk mempercantik foto selfie saja, tetapi juga bisa lebih dari itu. Mereka bahkan mengembangkan teknologi agar pengguna bisa mengubah tampilan selfie secara tiga dimensi dan mengontrol bokeh di latar belakang.

Sayangnya, perusahaan tidak mengungkap kapan Sensei akan meluncur. Untuk saat ini, mereka hanya menjelaskan fitur itu masih dikembangkan dan bisa dijajal terbatas oleh kalangan pengembang aplikasi pihak ketiga.

Sama halnya dengan fitur anyar menyunting dua foto menjadi satu, teknologi ini juga digarap oleh ilmuwan di Adobe dan Cornell University dengan menggarap metode "Neural Style Transfer" yang memanfaatkan kecerdasan buatan.

Hanya, Neural Style Transfer pada fitur sebelumnya dicoba ke sejumlah foto dengan pemandangan yang beragam, seperti foto rumah, padang rumput, hingga objek makro seperti bunga. Berbeda dengan fitur pemoles selfie yang tidak diungkap kapan selesainya, teknologi ini justru siap rampung dalam waktu dekat.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa lihat video di bawah ini.

(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.