Sukses

Lagi, Instagram Hadirkan Fitur Snapchat di Layanannya

Liputan6.com, Jakarta - Instagram kembali menghadirkan layanan serupa Snapchat di layanannya. Kali ini, layanan berbagi video dan foto milik Facebook tersebut meluncurkan kemampuan terbaru untuk berkirim pesan melalui fitur Direct.

Melalui kemampuan ini, pengguna dapat mengirimkan pesan video atau foto yang dapat menghilang setelah dibuka penerima atau biasa disebut sebagai ephemeral. Pesan tersebut dapat dikirimkan dalam grup percakapan atau perseorangan.

Dikutip dari Tech Crunch, Kamis (13/4/2017), video atau foto yang dikirimkan dapat dilengkapi dengan teks atau tambahan ikon lain. Fitur ini juga berlaku ketika pengguna ingin mengomentari Instagram Stories dari pengguna lain.

Keputusan untuk menghadirkan kemampuan berkirim pesan di Instagram tersebut tak lepas dari kepopuleran fitur ini di antara pengguna. Sebelumnya, layanan berkirim pesan di Instagram dibagi menjadi pesan biasa dan ephemeral

Namun pertumbuhan pengguna fitur pesan yang dapat menghilang ternyata begitu cepat. Menurut laporan kini ada 375 juta pengguna aktif bulanan dari sebelumnya hanya 300 juta saat rilis perdana pada November 2016.

"Direct merupakan pengalaman terbaik untuk berkomunikasi dengan teman dekat, dari sekadar melakukan sederhana dan membaginya dengan teman terdekat," ujar Product Lead for Sharing Instagram Robby Stein. 

Fitur anyar ini merupakan salah satu dari beragam kemampuan Snapchat yang terus diadaptasi oleh Instagram. Sebelumnya, Instagram juga merilis fitur Stories yang sangat mirip dengan kemampuan Snapchat.

Kehadiran fitur ini nyatanya turut direspon pasar saham yang dianggap dapat membahayakan Snap Inc. Laporan terbaru menyebut nilai saham perusahaan induk Snapchat tersebut turun 2,79% persen setelah fitur ini diumumkan.

(Dam/Ysl) 

Artikel Selanjutnya
Pengguna Aktif Bulanan Facebook Sentuh Angka 2 Miliar
Artikel Selanjutnya
LG V30 Bakal Dibekali Fitur Wireless Charging?