Sukses

Kepribadian Manusia Bisa Ditebak dari Foto Profil Medsos

Liputan6.com, London - Akuilah, setiap orang pasti punya lebih dari satu media sosial (medsos). Biasanya, pengguna memiliki setidaknya dua medsos, yang satu berfungsi untuk berjejaring sosial, dan yang satunya berfungsi sebagai media berbagi foto dan video. profile picture  yang digunakan pun berbeda untuk setiap medsos.

Menariknya, ada studi yang meneliti foto profil dari setiap medsos ternyata memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Kita bisa menebak kepribadian pengguna berdasarkan dari foto profil yang dipasang.

Studi diadakan oleh tim peneliti Penn State’s College of Information Sciences and Techonlogy dan King’s College London. Mereka melakukan riset ke sejumlah pengguna Facebook, Twitter, LinkedIn, dan Instagram.

Menurut yang dilansir Mirror, Jumat (14/4/2017), setiap medsos memiliki karakteristik foto profil yang unik. Contoh saja Instagram, pengguna cenderung lebih suka memasang foto profil yang berwarna dan close up.

"Kalau foto profil (Instagram) dipasang di LinkedIn, tentu tidak sesuai. Pengguna LinkedIn justru lebih suka memasang foto profil profesional. Biasanya, mereka memasang foto profil yang resmi, seperti pas foto," kata Dongwon Lee, Kepala Penelitian dari Penn State’s.

Lee menuturkan, karakteristik foto profil di Twitter dan Facebook juga dinilai mirip. Keduanya menampilkan foto profil secara full body, namun dengan tema bebas.

"Dengan foto profil, orang lain bisa menilai karakteristik kita secara akurat, kira-kira hingga 80 persen," ia melanjutkan.

Selain itu, Lee juga mengungkap pengguna medsos wanita juga memiliki kencenderungan memasang foto profil berbeda jika ditilik berdasarkan usia.

"Pengguna wanita kebanyakan lebih suka memasang kacamata di foto profilnya, sedangkan pengguna wanita di bawah usia 25 tahun suka berpose dengan senyum yang nanggung," terang Lee.

"Kalau pengguna pria, kadang malah memasang foto profil yang setengah-setengah. Sering juga saya temui ada yang memasang foto profil bukan wajahnya," timpalnya.

Studi dilakukan dengan melakukan riset ke 100.000 profil media sosial. Lee mengklaim, riset ini nantinya akan membantu studi analisis terkait perilaku pengguna medsos dari foto profil yang dipasang.

(Jek/Cas)

Artikel Selanjutnya
Pria Ini Ciptakan Produk Tiruan iPhone 8
Artikel Selanjutnya
Eksis, Istri Barack Obama Ikut Aktif di Snapchat