Sukses

Mengintip Aurora Planet Uranus yang Mirip Awan

Teleskop Hubble menangkap pemandangan Uranus berhias aurora berwarna putih.

Liputan6.com, California - Teleskop luar angkasa Hubble milik NASA menangkap foto terbaru planet Uranus dari kejauhan. Ada yang berbeda dari penampakan si planet biru kali ini, salah satu wilayah di permukaannya diselimuti dengan awan kecil berwarna putih.

Awan tersebut, seperti dilansir Mirror pada Jumat (14/4/2017), merupakan fenomena aurora yang terjadi di wilayah utara planet. Menurut pantauan ilmuwan Paris Observatory, aurora tersebut terjadi akibat partikel elektron yang berasal dari hempasan badai Matahari, ionosfer planet dan lapisan vulkanik Bulan.

"Partikel ini berkumpul di medan magnetik planet terkuat dan dibentuk pada bagian atas atmosfer planet. Mereka berinteraksi dengan partikel gas seperti oksigen dan nitrogen, karena itu ia meledak dan menghasilkan warna keputihan seperti awan," jelas astronom Paris Observatory.

Ini bukan pertama kali astronom Paris Observatory menangkap Uranus dihiasi cahaya aurora. Pada 2012 dan 2014, mereka juga mendapati wujud planet dengan cahaya aurora dengan kemampuan lensa ultraviolet Space Telescope Imaging Spectograph (STIS) di teleskop Hubble.

Uranus adalah planet terbesar ketiga di Tata Surya setelah Jupiter dan Saturnus. Selain Uranus, planet yang juga kerap menampilkan aurora adalah Jupiter.

Berbeda dengan aurora Uranus yang terjadi akibat partikel elektron, aurora Jupiter berlangsung akibat badai matahari yang menganggu magnetosfer di Planet Raksasa tersebut.

(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.