Sukses

Linimasa Twitter Ramai #IraKoesno Selama Debat Pilkada Putaran 2

Liputan6.com, Jakarta - Setelah jeda dua bulan sejak Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) putaran pertama berlangsung, kedua pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno kembali beradu pandangan di panggung debat.

Semua mata pun tertuju pada penampilan Ahok-Djarot dan Anies-Sandi, Rabu 12 April lalu. Kedua pasangan cagub-cawagub menyampaikan visi misi mereka terkait tema 'Dari Masyarakat untuk Jakarta'.

Sadar akan pentingnya #DebatPilkadaDKI putaran kedua, para kandidat tampaknya sungguh mengerahkan segala kemampuan untuk meyakinkan warga Jakarta. Upaya ini dilakukan baik melalui kampanye offline maupun online.

Jejaring sosial Twitter pun sempat merekam percakapan masyarakat Indonesia di linimasa selama periode 14 Maret-13 April 2017. Berdasarkan keterangan resmi Twitter kepada Tekno Liputan6.com, Jumat (14/4/2017), pasangan calon nomor 2, #AhokDjarot memperoleh jumlah mention lebih banyak dibanding pasangan calon nomor 3 #AniesSandi.

Melalui grafik yang disajikan Twitter Indonesia, tampak percakapan mengenai #AhokDjarot jumlahnya mencapai 2,2 juta cuitan sepanjang periode 14 Maret hingga 13 April 2017. Sementara, dalam periode yang sama, percakapan tentang #AniesSandi jumlahnya mencapai 1,3 juta cuitan.

Twitter juga memberikan keterangan grafik tersebut tak menunjukkan sentimen tertentu terhadap kandidat cagub-cawagub. Twitter Indonesia mengungkap fakta pengguna Twitter ramai mencari informasi seputar Pilkada DKI secara real-time dan mengambil bagian dalam pemilihan kepala daerah Kota Jakarta.

Menariknya, pengguna Twitter seringkali menemukan sudut pandang berbeda terkait pernyataan kedua kandidat. Karena elemen live dan real-time yang dimiliki Twitter, pengguna juga memiliki cara meredam ketegangan selama debat berlangsung.

Hal ini terlihat dari tagar yang banyak dicuitkan oleh pengguna Twitter di Indonesia. Mulai dari #PertanyaanUntukPaslon, #DebatPilkadaDKI, hingga #IraKoesno ramai dicuitkan pengguna Twitter selama debat Pilkada putaran kedua.

Maklum saja, dalam debat putaran kedua ini, nama Ira Koesno juga menjadi sorotan lantaran menjadi moderator debat. Berbagai cuitan unik sekaligus kocak tentang Ira Koesno pun diunggah pengguna Twitter, seperti pada cuitan-cuitan di bawah ini.

(Tin/Ysl)

Artikel Selanjutnya
Anies Tanggapi Pemberitaan Media Asing terkait Pilkada DKI 2017
Artikel Selanjutnya
Segmen 6: JK Bangga Pilkada DKI 2017 Putaran Kedua Berjalan Damai