Sukses

Begini Cara Transfer Data dari Android ke PC Tanpa Kabel

Liputan6.com, Jakarta - Bayangkan jika kamu bisa mentransfer data dari PC ke smartphone atau tablet Android tanpa harus menggunakan kabel. Tampaknya hal tersebut hanya sebatas mimpi saja bukan?

Tentu tidak. Berbekal sebuah aplikasi dan koneksi WiFi, kamu bisa memindahkan data multimedia hingga men-deploy APK dengan mudah.

Dari sekian banyak aplikasi transfer data yang ada di Google Play Store, AirDroid tampil sebagai juaranya. Beragam fitur ditawarkan oleh Sand Studio selaku pengembang aplikasi.

Semudah apa sih menggunakan AirDroid? Berikut Tekno Liputan6.com sajikan cara mentransfer data dari PC ke smartphone, begitu juga sebaliknya. Pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi AirDroid di Google Play Store.

1. Terhubung WiFi
Buka aplikasi AirDroid di perangkat Android kamu. Sebelumnya, pastikan perangkat Android yang digunakan sudah terhubung dengan jaringan WiFi yang sama dengan laptop kamu.

Ketikkan alamat IP yang muncul dan tekan tombol Accept di perangkat Android. Liputan6.com/ Yuslianson

2. Ketik Alamat IP
Setelah dibuka, informasi alamat IP PC kamu akan muncul. Ketikkan alamat IP tersebut di browser PC, dan keduanya pun akan langsung terhubung ke server AirDroid.

3. Tampilan
Jika benar, browser kamu akan menampilkan gambar seperti di bawah ini. Di situ, kamu bisa mengakses segala fitur yang ada di perangkat Android mulai dari foto hingga sampai dengan kamera.

Tampilan AirDroid di browser bilamana berhasil terhubung. Liputan6.com/ Yuslianson

Toolbox

4. Temukan Toolbox
Di sisi kanan, kamu akan menemukan sebuah toolbox yang dapat digunakan untuk men-deploy APK hingga meng-upload file dari PC ke perangkat mobile.

Klik Photo di sisi kiri layar browser untuk mulai men-download foto ke PC. Liputan6.com/ Yuslianson

5. Untuk mentransfer data dari perangkat mobile ke PC, kamu hanya perlu mengklik ikon yang bertuliskan "Files", dan klik kanan di file mana yang ingin kamu unduh dilanjutkan dengan mengklik tombol "Download".

Selain bisa men-download data dari smartphone, kamu bisa upload data ke smartphone via PC. Liputan6.com/ Yuslianson

Cukup mudah bukan? Terlepas dari fungsi transfer data dari PC ke perangkat mobile atau sebaliknya, AirDroid juga menampilkan beberapa fitur yang menarik seperti kirim SMS dari PC, memainkan musik/video yang tersimpan di perangkat mobile, melihat foto, dan masih banyak lagi.

(Ysl/Isk/Cas)

Artikel Selanjutnya
Wajib Tahu, Ini Deretan Fitur Android Oreo
Artikel Selanjutnya
2 Cara Mengunci Jaringan 4G pada Smartphone Android