Sukses

Perlahan, Apple Mulai 'Bunuh' iTunes

Liputan6.com, Jakarta - Apple perlahan mulai beralih dari merek iTunes ke merek baru "Apple". Mengutip laman Business Insider, Minggu (16/4/2017), Apple mulai mengganti nama iTunes Podcast menjadi Apple Podcast, Kamis lalu.

Nama baru ini agaknya mirip dengan Apple Music, penyedia layanan streaming musik milik Apple. Selain perubahan nama, sebenarnya secara keseluruhan tak ada perubahan signifikan antara iTunes Podcast dengan Apple Podcast.

Meski begitu, baru-baru ini beberapa podcaster mengekspresikan perasaan mereka terkait dengan janji-janji iTunes serta petinggi iTunes Eddy Cue di masa depan.

Dikutip dari 9to5Mac, sebelumnya Cue memberikan bocoran bahwa perusahaan sedang dalam tahap mengembangkan fitur-fitur baru untuk Podcast. Dengan adanya perubahan nama ini, kemungkinan besar Apple sedang menyiapkan pengumumkan besar untuk tahun ini.

Jelas bahwa Apple merupakan nama yang disukai oleh konsensus musik, podcast, dan penyedia layanan distribusi konten lainnya.

Sekadar informasi, iTunes pertama kalinya diperkenalkan pada 1998. Namun, butuh waktu bertahun-tahun untuk mengubah nama iTunes menjadi Apple. Apalagi saat itu iTunes masih dipakai untuk menyinkronisasi musik di iPhone ke komputer Windows atau Mac.

Rumor sebelumnya menyebut bahwa Apple bisa saja menghilangkan ciri khas produk iTunes, unduhan satu lagu dan lain-lain. Namun, pihak Apple membantah laporan tersebut. Oleh karenanya, hingga saat ini Apple masih tetap mempertahankan layanan iTunes pada Apple podcast.

(Tin/Cas)

Artikel Selanjutnya
Spesifikasi Google Pixel 2 Kembali Bocor di Internet
Artikel Selanjutnya
Samsung Mulai Produksi Massal Chipset untuk IoT