Sukses

Akun Facebook Kamu Diretas? Segera Lakukan Langkah Ini

Liputan6.com, Jakarta - Peretasan akun media sosial, seperti Facebook memang menjadi 'mimpi buruk' bagi setiap penggunanya.

Bagaimana tidak, aksi meresahkan yang dilakukan pihak tidak bertanggung jawab ini berisiko membuat akun pengguna melakukan tindakan berbahaya, sebut saja modus yang paling sering dilakukan, yakni penipuan.

Jika kamu termasuk dari salah satu pengguna Facebook yang akunnya telah diretas, jangan panik. Tekno Liputan6.com punya sejumlah langkah yang harus kamu lakukan sesegera mungkin agar akun Facebook milikmu kembali aman.

Merangkum informasi Make Use Of, Minggu (16/4/2017), berikut langkahnya.

Segera Lapor Akun yang Diretas

Pergi ke www.facebook.com/help atau tautan ini untuk segera melaporkan akun Facebook yang sudah diretas. Pada tab bagian atas, pilih opsi Privacy and Safety dan pergi ke Hacked and Fake Accounts

Amankan Akun

Beranjak ke kategori Hacked Accounts dan klik “I think my account was hacked or someone is using it without my permission” (Saya pikir akun saya diretas atau seseorang menggunakannya tanpa izin). Klik tautan bertuliskan “Secure your account” dan pilih Get Started.

Setelah proses pengamanan berlangsung, klik opsi Continue untuk melanjutkan.

Ganti Password

Pertama, ganti password-mu, usahakan password yang digunakan adalah password yang tidak dipakai di media sosial lainnya. Setelah itu, cek dan hapus aplikasi yang menurut kamu tidak perlu dihubungkan ke Facebook.

Berikutnya, kamu juga diberikan opsi menghapus aktivitas yang dilakukan sebelumnya, upaya dilakukan untuk menghindari aktivitas akun yang sengaja dilakukan hacker. Setelah diamankan, klik opsi Go To News Feed.

Selamat mencoba!

(Jek/Isk)

Artikel Selanjutnya
Kesalahan Teknis Bikin Pengguna Tak Bisa Akses Facebook 3 Hari
Artikel Selanjutnya
Tips Cegah Peretasan ala Facebook