Sukses

Tips Cegah Peretasan ala Facebook

Liputan6.com, Jakarta - Peretasan di jejaring sosial bukanlah hal baru, Facebook salah satunya. Belakangan ini, akun pengguna Facebook sering dijadikan sasaran untuk melakukan penipuan.

Berbagai cara pun dilakukan oleh penjahat siber untuk bisa mengambil alih akun milik seseorang, termasuk melalui kode konfirmasi perubahan kata sandi yang dikirimkan Facebook melalui layanan SMS.

Namun sebenarnya, Facebook sudah memperkenalkan layanan bernama Login Approval alias perizinan masuk sejak 2011. Tujuannya untuk mencegah peretasan oleh penjahat siber.

Andrew Song, Product Manager Facebook menuturkan, "Facebook selalu berupaya menjaga keamanan akun dan informasi milik pengguna. Pengguna juga diberikan kontrol lebih terhadap akunnya."

Fitur keamanan Facebook, Login Approvals (Sumber: Facebook)

Layanan ini berangkat dari makin banyaknya orang yang memakai Facebook, baik untuk bisnis maupun saling terhubung dengan orang lain, pengguna butuh sebuah kendali untuk melindungi akun mereka dari akses yang tidak sah.

Login Approvals merupakan sistem autentikasi dua faktor yang mengharuskan pengguna memasukkan sebuah kode yang dikirimkan Facebook ke nomor ponsel pengguna melalui SMS. Dengan kode itu, barulah pengguna berhasil masuk ke perangkat baru.

"Setelah kamu memasukkan kode keamanan ini, kamu punya pilihan untuk mengingat password di sebuah komputer (atau perangkat), sehingga kamu tak perlu melakukan langkah ini lagi agar bisa login," kata Andrew dalam tulisannya yang diunggah ke Facebook.Fitur keamanan Facebook, Login Approvals (Sumber: Facebook)Dengan Login Approvals, pengguna akan mendapatkan notifikasi jika akun Facebook-nya login dari perangkat yang tidak dikenal. Jika ternyata pengguna tidak melakukan proses login tersebut, mereka diperkenankan untuk mengganti password Facebook miliknya.

1 dari 2 halaman

Bagaimana kalau kamu kehilangan ponsel dan Login Approvals-nya aktif?

Oleh karena itu, penjahat siber tak akan bisa masuk ke akun kamu dan kamu pun tak akan mengalami kerugian.

Nah, jika kamu pernah kehilangan ponsel dan Login Approvals-nya aktif, kamu masih memiliki pilihan lain untuk mengautorisasi akun kamu dari informasi login akun yang masih tersimpan di perangkat, misalnya kamu masih login Facebook melalui komputer rumah.

"Dengan akun yang masih tersimpan ini, Facebook memastikan, kamu bisa mendapatkan kembali akses ke akun Facebook-mu," kata Andrew.Fitur keamanan Facebook, Login Approvals (Sumber: Facebook)Penting untuk diingat bahwa SMS yang berisi kode perizinan Login Approvals ini bersifat pribadi, sehingga jangan memberitahukan kepada orang lain yang meminta. 

(Tin/Isk)

Artikel Selanjutnya
Gawat, Hacker Jual Email dan Nomor Telepon Pengguna Instagram
Artikel Selanjutnya
Kacau, 500 Akun Instagram Selebritas Hollywood Dijual di Dark Web