Sukses

4 Fitur Andalan OS Buatan Indonesia di Smartphone Advan

Liputan6.com, Jakarta - Advan telah meluncurkan smartphone 4G terbarunya, Advan G1, pada Februari 2017. Kehadiran smartphone tersebut dibekali dengan sistem operasi IDOS (Indonesia Operating System) 6.1.2 berbasis Android Marshmallow 6.0 yang dikembangkan khusus oleh Advan.

Menurut Marketing Director Advan Tjandra Lianto, kehadiran IDOS tak lepas dari kebutuhan konsumen Indonesia. Ia mengatakan, selain spesifikasi, kebutuhan akan fitur yang ada di smartphone juga menjadi pertimbangan konsumen.

"Salah satu yang menjadi perhatian adalah soal keamanan (fitur pertama). Untuk itu, IDOS kami desain khusus hadir dengan empat fitur utama, yaitu Security, Smart Management, Power Saving, dan Unique Feature," tuturnya.

Dari sisi keamanan, IDOS dibekali dengan kemampuan anti-theft, sistem enkripsi data, apps lock, dan guest mode. Seluruh kemampuan itu, menurut Tjandra, sangat membantu pengguna yang sangat memperhitungkan keamanan perangkat.

"Dengan mengaktifkan anti-theft, ketika ada orang lain yang salah memasukkan password atau PIN di perangkat kita sampai tiga kali, ponsel akan secara otomatis mengambil gambar orang tersebut. Jadi, pengguna bisa tahu siapa yang mencoba membuka perangkatnya," ujar Tjandra menjelaskan.

Fitur kedua yang ditawarkan IDOS adalah manajeman daya lebih baik. Sistem operasi ini memiliki tiga modus penghematan baterai, yaitu all-time saving, smart-saving, dan ultra saving. Masing-masing modus dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan aktivitas pengguna.

Ketiga adalah fitur smart management dalam IDOS 6.1.2 juga dipastikan akan sangat membantu pengguna. Pada versi terbaru ini, ada tiga kemampuan utama yang ditawarkan, yakni health guard, picture in picture, dan QR scan ID.

"Kemampuan lain (fitur keempat) yang juga ditawarkan dari sistem operasi ini adalah unique functions," tutur Tjandra.

Fungsi ini memungkinkan pengguna memanfaatkan smartphone dengan lebih cepat dan efisien. Adapun fitur yang ditawarkan adalah shake to shoot, shake to play, quick touch, dan quick universal touch.

Advan juga menyiapkan aplikasi khusus bernama Panduan Muslim dalam IDOS 6.1.2 ini. Aplikasi ini dapat membantu mempermudah ibadah pengguna karena menyediakan beragam informasi, mulai dari waktu sholat hingga arah kiblat, termasuk bacaan Quran.

Sebagai informasi, Advan sudah mengembangkan sistem operasi ini selama 3 tahun. Untuk mengembangkan sistem operasi ini, Advan memiliki tim sendiri yang berada di Jakarta dan Semarang.

Pada proses pengembangan itu, Advan telah menyelesaikan jutaan bugs untuk melakukan proteksi keamanan data konsumen. Rencananya, versi terbaru dari IDOS 7 juga tengah dikembangkan tahun ini dan hadir dengan fitur lebih beragam.

(Dam/Isk)

Artikel Selanjutnya
2 Smartphone Pertama yang Kebagian Android Oreo, Apa Saja?
Artikel Selanjutnya
Kembali Bangkit, Ini 4 Smartphone Android Terbaru Nokia