Sukses

IDC Rilis Laporan Pasar PC Dunia Q1 2017, Siapa Jadi 'Raja'?

Liputan6.com, Jakarta - Pengapalan PC tradisional dunia mencapai 60,3 juta unit pada kuartal pertama 2017. Angka tersebut mengalami pertumbuhan year-over-year 0,6 persen bila dibandingkan kuartal yang sama pada tahun lalu. Demikian menurut laporan perusahaan riset pasar International Data Corporation (IDC).

Mengacu pada laporan tersebut, HP menjadi 'raja' dengan perolehan 21,8 persen. Perusahaan berbasis di California tersebut, kembali memuncaki daftar ini untuk pertama kalinya sejak 2013 silam.

Selanjutnya di tempat kedua perusahaan asal Tiongkok, Lenovo, membuntuti HP dengan raihan 20,4 persen. Perbedaan di antara keduanya hanya terpaut 1,4 persen, cukup tipis.

Sementara itu, Dell, Apple, dan Acer berturut-turut mengisi posisi ketiga, keempat, dan kelima dengan angka 15,9 persen, 7 persen, dan 6,8 persen. Di luar kelima perusahaan ini, sisa pangsa pasar yang mencapai 28,1 persen diambil oleh perusahaan lainnya.

"Pasar PC tradisional telah melalui fase sulit, yang bersaing ketat dengan tablet dan smartphone serta siklus hidup yang memanjang, yang mendorong pengiriman PC turun sekitar 30 persen dari puncaknya pada 2011 silam," kata Jay Chou, manajer riset, IDC PCD Tracker.

"Namun demikian, pengguna umumnya menunda penggantian PC ketimbang berganti dari PC ke perangkat lain," tutur Jay menambahkan.

(Why/Isk)

Artikel Selanjutnya
Apple Lampaui Samsung untuk Pertama Kalinya setelah Lima Tahun
Artikel Selanjutnya
Samsung Kokoh Bertengger di Puncak, Advan Tempati Posisi Keempat