Sukses

Instagram Kini Bisa Diakses Tanpa Internet

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya Facebook, saat gelaran konferensi pengembang F8 di California, Amerika Serikat (AS), Instagram ternyata meghadirkan fitur baru. Layanan berbagi gambar atau video itu kini bisa diakses secara offline.

Namun seperti dikutip dari Phone Arena, Kamis (20/4/2017), akses Instagram tanpa internet ini baru dapat dilakukan di platform Android. Pengguna kini dapat melihat profil yang sudah dibuka sebelumnya, termasuk unggahan yang sudah dimuat di tab Explore.

Sebagai informasi, dengan fitur ini bukan berarti pengguna bisa mengakses Instagram tanpa internet sama sekali. Maksudnya, sejumlah unggahan yang sudah dimuat akan disimpan lebih dulu sehingga dapat dilihat kembali kendati pengguna sedang offline

Pengguna juga dapat menyimpan post yang sebelumnya telah dimuat, termasuk membuat unggahan baru, dan menyimpan draft. Kemampuan yang sama juga berlaku untuk memberikan like atau komentar saat tak ada internet.

Lantas, kapan komentar maupun postingan tersebut akan diunggah ke Instagram? Segera setelah pengguna terhubung ke internet, seluruh konten itu akan dihubungkan secara otomatis ke server Instagram, sehingga dapat langsung diunggah.

Sayangnya, fitur ini tak berlaku untuk Instagram Stories, setidaknya untuk saat ini. Meskipun hanya hadir untuk Android saat ini, Instagram tak menutup kemungkinan fitur serupa bakal digulirkan di iOS.

Menurut analis, fitur ini merupakan cara Instagram menarik perhatian di negara berkembang. Seperti diketahui, beberapa negara dikenal masih memiliki ketersediaan internet yang belum merata dan tak stabil. Karenanya, fitur semacam ini akan sangat membantu pengguna di wilayah tersebut.

Cara serupa sebenarnya telah dilakukan Facebook, selaku pemilik Instagram. Raksasa media sosial itu sudah menawarkan akses bebas internet sejak 2015 untuk membantu pengguna yang memiliki keterbatasan jaringan internet.

(Dam/Cas)

Artikel Selanjutnya
Instagram Hadirkan Fitur Anyar Serupa Pinterest
Artikel Selanjutnya
Instagram Uji Coba Akses Tanpa Koneksi Internet