Sukses

Indonesia Negara ke-4 dengan Pengguna Facebook Teraktif di Dunia

Data terbaru melaporkan bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-4 dengan pengguna Facebook teraktif di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia menduduki peringkat ke-4 di dunia dengan pengguna Facebook paling aktif. Hal ini diungkap dari laporan riset We Are Social dan Hootsuite yang dirilis di LinkedIn, Jumat (21/4/2017).

Facebook diklaim kian mendominasi jagat media sosial di dunia. Sampai saat ini, raksasa media sosial milik Mark Zuckerberg itu sudah mengantongi 1.968 miliar pengguna aktif.

Sebanyak 89 persen di antaranya mengakses via smartphone dan 61 persen mengakses Facebook setiap harinya. Setelah dipecah berdasarkan gender, 44 persen pengguna adalah wanita dan 56 persen merupakan pria.

Agresifnya pertumbuhan pengguna ini juga didorong oleh jumlah pengguna di India. Dalam 3 bulan terakhir, 22 juta pengguna baru bergabung di Facebook. Setiap harinya, ada 250 ribu pengguna baru.

India bahkan disebut-sebut bisa menaklukkan Amerika Serikat (AS) terkait jumlah pertumbuhan pengguna.

Dari tabel yang ada di bawah, memang untuk saat ini Amerika Serikat (AS) masih menduduki peringkat pertama dengan pengguna Facebook paling aktif. Tercatat, ada 219 juta pengguna Facebook di Negeri Paman Sam. Menyusul India setelahnya--beda tipis--dengan jumlah 213 juta pengguna.

Brasil duduk manis di peringkat ketiga dengan jumlah 123 juta pengguna, dan Indonesia berada di peringkat keempat dengan 111 juta pengguna.

Tak hanya negara, data juga menyebutkan kota-kota dengan pengguna Facebook paling aktif. Untuk peringkat pertama diraih Bangkok dengan 30 juta pengguna, menyusul Dhaka dan Jakarta dengan 22 juta pengguna, Mexico City dengan 17 juta pengguna, dan Sao Paulo dengan 13 juta pengguna.

Selain Facebook, riset ini juga membahas terkait aktivitas digital di dunia. Di antaranya seperti jumlah pengguna internet global, jumlah pengguna media sosial global, hingga penetrasi smartphone dan internet di seluruh dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ada 115 Juta Pengguna Aktif Facebook di Indonesia

Facebook beberapa waktu lalu mengumumkan telah menghubungkan lebih dari 2 miliar pengguna di dunia. Dari angka tersebut, Indonesia jadi pasar penting bagi Facebook.

Bagaimana tidak, menurut data kuartal kedua 2017 (per Juli), jumlah pengguna Facebook di Indonesia mencapai 115 juta user.

Padahal menurut Country Director Facebook Indonesia, Sri Widowati, saat dirinya bergabung dengan Facebook pada Maret 2016, jumlah pengguna Facebook di Indonesia baru sebanyak 82 juta user per bulannya.

"Kalau sekarang 115 juta user, jadi pertumbuhannya hampir 40 persen dalam satu tahun dan hampir 97 persen pengguna Facebook terhubungkan melalui smartphone," kata perempuan yang karib disapa Wido di Jakarta, Senin (14/8/2017).

Wido pun memaparkan sifat-sifat pengguna Facebook Indonesia. Menurutnya, saat menggunakan Facebook, orang Indonesia terkenal dengan sifat ramahnya. Hal ini didukung dengan data yang dipaparkan Wido.

3 dari 3 halaman

Facebook Bantah Berencana Bikin Algoritma Hoax

Facebook membantah pernyataan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) soal rencananya membuat algoritma khusus bagi Indonesia untuk mengatasi informasi palsu (hoax). Raksasa jejaring sosial itu akan tetap menggunakan cara yang telah digunakan dalam meninjau konten yang mungkin melanggar Standar Komunitas mereka.

Dalam keterangan resminya, Facebook menjelaskan pihaknya memiliki berbagai perangkat dan taktik untuk membantu mencegah penyebaran hoax dari berbagai aspek. Namun hal tersebut tidak termasuk algoritma khusus untuk Indonesia.

Rencana Facebook membuat algoritma khusus untuk Indonesia pertama kali disampaikan Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika) Kemenkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, usai bertemu dengan sejumlah perwakilan Faceook pada Rabu pagi (2/8/2017).

Pemerintah sendiri menilai penanganan untuk menghapus hoax harus ditingkatkan, terutama menjelang momen-momen penting seperti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Semuel mengatakan, pemerintah akan bekerjasama dengan Facebook untuk menangani hoax yang bertebaran di media sosial tersebut.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.