Sukses

Membongkar Galaxy S8 Plus, Begini Isi Komponennya

Liputan6.com, Jakarta - Baru mendarat di Korea Selatan, rupanya sudah ada pihak yang membongkar smartphone premium Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus.

Lagi-lagi, pihak yang melakukan pembongkaran adalah iFixit, perusahaan Amerika Serikat yang fokus memberikan panduan untuk reparasi smartphone.

Tujuan pembongkaran Galaxy S8 Plus oleh iFixit adalah untuk mengetahui berbagai komponen yang digunakan Samsung serta seberapa sulit ponsel tersebut diperbaiki.

Seperti dikutip Tekno Liputan6.com dari Gizmochina, Kamis (20/4/2017), iFixit menyebut bahwa Galaxy S8 Plus memiliki panel kaca di bagian depan dan sisi sampingnya. Samsung memakai pelekat yang sangat kuat untuk membuat panel kaca ini melekat dengan baik di tempat masing-masing.

Namun demikian, karena ponsel ini menggunakan layar lengkung pada kedua sisinya, sangat sulit untuk membongkar ponsel ini tanpa membuat kerusakan pada bagian layar. Bisa dibilang, penggunaan perekat kuat itu meningkatkan ketahanan ponsel.

Galaxy S8 Dibongkar (Sumber: iFixit)

Selanjutnya, disebut juga komponen lainnya yang sangat susah dikeluarkan adalah baterai yang tak bisa dilepas. Penggunaan perekat yang kuat berhasil membuat baterai menempel sangat kokoh pada panel kaca.

Dengan kondisi itu, iFixit menyimpulkan bahwa smartphone Galaxy S8 Plus sungguh sulit diperbaiki. Terbukti, nilai yang diberikan adalah 4 dari 10. Sekadar informasi, jika smartphone bernilai 10, perangkat itu sangat mudah dibongkar dan diperbaiki.

Galaxy S8 Dibongkar (Sumber: iFixit)

1 dari 3 halaman

Baterai Sulit Dilepas

Sebenarnya, jika dibandingkan Galaxy S7 Edge, Samsung Galaxy S8 Plus lebih mudah diperbaiki, sebab Galaxy S7 Edge mendapat nilai 3.

Galaxy S8 Dibongkar, sulitnya melepaskan baterai dari dalam smartphone (Sumber: iFixit)

Dari hasil pembongkaran itu, tim mengklaim bahwa daya, kapasitas, dan desain baterai Galaxy S8 hampir sama dengan Galaxy Note 7. Bahkan, bagian dalam Galaxy S8 menyerupai komponen-komponen pada Galaxy Note 7.

Baterai Galaxy S8 tertanam begitu kuat dengan bantuan perekat (Sumber: iFixit)

Hal lain yang dilihat selama pembongkaran adalah kedua smartphone premium Samsung yang rilis akhir Maret itu sama-sama dilengkapi dengan pipa panas yang membantu dalam pendinginan perangkat. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa baterai ponsel aman dan tak akan meledak.

Galaxy S8 Dibongkar (Sumber: iFixit)

Dari hasil pembongkaran, ditemukan bahwa duo Galaxy S8 dikemas dengan beberapa modul komponen, seperti pemindai sidik jari, jack headphone, konektor USB Type C, dan lain-lain. Hasil uji menunjukkan bahwa komponen-komponen ini dapat diganti dengan mudah.

Berbagai komponen pada Galaxy S8 (Sumber: iFixit)

2 dari 3 halaman

Spesifikasi Sesuai

Mainboard pada Galaxy S8 saat dilepaskan (Sumber: iFixit)Menyangkut spesifikasi, tim menemukan bahwa semuanya sama dengan yang disebutkan dalam lembar spesifikasi resmi dari Samsung.Kamera Galaxy S8 saat dilepas (Sumber: iFixit)

Selanjutnya, foto di bawah ini memperlihatkan seluruh komponen Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus saat dibongkar.

Seluruh komponen Galaxy S8 saat dibongkar (Sumber: iFixit)

(Tin/Isk)

 

Artikel Selanjutnya
Tanggapan Bos OnePlus Soal Kritik Kamera OnePlus 5
Artikel Selanjutnya
Tak Cuma Fleksibel, Layar Besutan LG Ini Juga Transparan