Sukses

X24 dan X6, Kamera 360 Derajat Anyar dari Facebook

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, Facebook telah mengungkapkan ketertarikannya pada teknologi virtual reality (VR), terutama setelah perusahaan mengakuisisi Oculus.

Tahun lalu, Facebook bahkan meluncurkan kamera Surround 360 yang memungkinkan pengguna menangkap rekaman dalam bentuk 3D. Alih-alih dijual di pasaran, produk kamera 360 derajat itu hanya desain referensi.

Upaya jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg terkait dengan VR dan kamera tak berhenti di situ. Mengutip laporan Ubergizmo, Kamis (20/4/2017), dalam konferensi pengembang Facebook F8, perusahaan mengumumkan kehadiran dua kamera 360 derajat terbarunya, X24 dan X6.

Nama tersebut dipilih berdasarkan jumlah kamera yang ada di masing-masing perangkat, sehingga jelas bahwa X24 menawarkan kamera yang lebih banyak dan besar. Sementara, X6 ukurannya lebih kecil dan compact.

"Teknologi kamera baru ini memungkinkan kamu bergerak dalam adegan video dan merasakan menonton konten dari berbagai sudut pandang atau yang dikenal dengan six degress of freedom (6DoF). Ini menghadirkan pengalaman tingkat baru," demikian pernyataan Facebook.

Meskipun sudah diumumkan kepada publik, sama seperti Surround 360, Facebook belum ada rencana untuk menjual teknologi kamera ini di pasaran.

Mereka malah berencana untuk membuat lisensi desain kamera semacam ini untuk sejumlah partner komersial yang dipilih.

Jadi, jangan kaget kalau nantinya kamera-kamera seperti milik Facebook ini dijual secara online atau di toko.

(Tin/Isk)

Artikel Selanjutnya
Vivo Tegaskan Diri Sebagai Vendor Smartphone Kamera dan Musik
Artikel Selanjutnya
Nokia 6 Versi Internasional Segera Melenggang