Sukses

Topik Ahok di Media Sosial Ungguli Anies

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno (Anies-Sandi), menurut hasil penghitungan cepat sejumlah lembaga survei, mengungguli pasangan Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Syaiful Hidayat (Ahok-Djarot). Berbagai reaksi pun muncul dan oleh sebab itu, hal ini sangat menarik untuk dianalisis.

Namun, ruang lingkup analisis ini kami batasi untuk Anies dan Ahok saja. Bagaimana hasilnya, simak paparannya berikut ini.

1. AHOK

Ringkasan

Dalam rentang waktu 19 April pukul 17.01 WIB hingga 20 April pukul 17.01 WIB, terdapat 174.300 tweets yang memuat kata 'Ahok'. Di antara tweets tersebut, 105.700 tweets (61 persen) mendapat retweets dan 10.300 tweets mendapat replies (6 persen). 

Analisis Ahok di Twitter via Trendsmap (1)

Puncaknya, tweet tentang Ahok mencapai 440 tweets per menit. Dilihat dari aspek gender, 45 persen netizen yang membicarakan Ahok adalah perempuan dan 55 persen lainnya laki-laki.

Top Tweets (paling banyak mendapat retweets dan likes) dan Influencing Tweets (paling memengaruhi netizen)

Analisis Trendsmap memperlihatkan setidaknya ada 13 tweets yang menjadi top tweets; 1 tweet dari Bandung, 4 tweets di Sulawesi, dan 8 tweets di DKI Jakarta.

Analisis Ahok di Twitter via Trendsmap (6)

Masih menggunakan analisis Trends Map, kami melihat ada 32 tweets yang menjadi influencing tweets, yang semuanya berlokasi di Jakarta.

Analisis Ahok di Twitter via Trendsmap (7)

Lokasi Netizen

Bila ditinjau dari lokasi tweet yang membahas Ahok dengan mengabaikan terjadinya pembicaraan (lihat kolom dua tabel di bawah), 41 persen dari Jakarta, 16 persen dari Jawa Barat, 8 persen dari Jawa Timur, 7 persen dari Jawa Tengah, 5 persen dari Banten, 5 persen dari Yogyakarta, 3 persen dari Sumatera Utara, 3 persen dari Sulawesi Selatan, 1 persen dari Bali, dan 1 persen dari Riau. 

Analisis Ahok di Twitter via Trendsmap (2)

 

Tweet dan akun berpengaruh

Untuk tweet yang paling banyak mendapat retweet, quote, reply, dan paling memengaruhi netizen, bisa dilihat di bawah ini. Kebanyakan di antara tweet itu berasal dari akun Ahok, akun portal berita, dan akun figur publik pendukung Ahok.

Analisis Ahok di Twitter via Trendsmap (4)

Di daftar akun paling top dan paling berpengaruh, mayoritas juga diisi oleh akun portal berita, termasuk akun Liputan6.com yang menjadi Top Influencer.

Analisis Ahok di Twitter via Trendsmap (5)

2. ANIES

Ringkasan

Ada 59.000 tweets dengan topik 'Anies' dalam rentang waktu 19 April pukul 17.04 WIB hingga 20 April pukul 17.04 WIB. Angka itu terpaut sangat jauh dari topik 'Ahok' dengan 174.300 tweets. Detailnya, dari semua tweets tentang 'Anies', 36.400 (61 persen) di antaranya mendapat retweets dan 2.300 tweets mendapat replies (4 persen). 

Analisis Anies di Twitter via Trendsmap (1)

Ketika mencapai puncak, tweet tentang Anies berjumlah 210 tweets per menit. Bila ditinjau dari aspek gender, 43 persen netizen yang membahas Anies merupakan perempuan dan 67 persen lainnya laki-laki.

1 dari 2 halaman

2. ANIES

Top Tweets (paling banyak mendapat retweets dan likes) dan Influencing Tweets (paling memengaruhi netizen)

Analisis Trendsmap menunjukkan setidaknya ada 20 tweets yang menjadi top tweets; tweet di Malang, 1 tweet di Tangerang Selatan, tweets di Sulawesi Selatan, dan 12 tweets di Jakarta.

Analisis Anies di Twitter via Trendsmap (6)

Masih menggunakan analisis Trends Map, kami melihat ada 32 tweets yang menjadi influencing tweets, yang semuanya berasal dari Jakarta.

Analisis Anies di Twitter via Trendsmap (7)

Lokasi Netizen

Bila ditinjau dari lokasi tweet yang membahas Anies dengan mengabaikan terjadinya pembicaraan (lihat kolom dua tabel di bawah), 40 persen dari Jakarta, 19 persen dari Jawa Barat, 7 persen dari Jawa Tengah, 7 persen dari Jawa Timur, 5 persen dari Banten, 5 persen dari Yogyakarta, 3 persen dari Sumatera Utara, 3 persen dari Sulawesi Selatan, dan 1 persen dari Aceh.

Analisis Anies di Twitter via Trendsmap (2)

Tweet dan akun berpengaruh

Untuk tweet yang paling banyak mendapat retweet, quote, reply, dan paling memengaruhi netizen, bisa dilihat di bawah ini. Kebanyakan di antara tweet itu berasal dari akun Anies, akun Ridwan Kamil, akun portal berita, dan akun-akun pendukung Ahok.

Analisis Anies di Twitter via Trendsmap (4)

Di daftar akun paling top dan paling berpengaruh, mayoritas juga diisi oleh akun portal berita, termasuk akun Liputan6.com yang menjadi Top Influencer.

Analisis Anies di Twitter via Trendsmap (5)

 

Demikian analisis Tekno Liputan6.com mengenai pembicaraan Ahok dan Anies di Twitter dengan menggunakan social media analytic tool Trendsmap.

(Why/Isk)

Artikel Selanjutnya
Jokowi Minta Mahasiswa Sering Kampanyekan Pancasila di Medsos
Artikel Selanjutnya
VIDEO: Megawati Tantang Penuduh Jokowi Ditaktor