Sukses

5 Alasan Android Lebih Baik dari iPhone

Liputan6.com, Jakarta - Tak dapat dimungkiri, perseteruan Android dan iOS sudah berlangsung cukup lama. Pecinta iOS dan Android saling mengklaim perangkat yang digunakan lebih unggul.

Wajar, Apple hadir sebagai smartphone premium dengan segala fiturnya yang eksklusif. Sementara, Android tampil sebagai ponsel dengan beragam pilihan harga, mulai dari harga paling murah hingga sampai dengan harga yang setara dengan iPhone.

Selain itu, ada alasan lain yang membuat banyak orang lebih memilih menggunakan smartphone Android ketimbang iPhone besutan Apple.

Berikut adalah lima (5) keunggulan smartphone Android dibandingkan iPhone yang Tekno Liputan6.com lansir dari laman Android Central.

1. Opsi Memori Eksternal

Sebagian besar smartphone Android saat ini sudah menawarkan pilihan slot kartu microSD di dalamnya. Pengguna dapat kapasitas penyimpanan jika memori internal sudah penuh.Opsi microSD. (Doc: eBay)

Tak hanya microSD, media penyimpanan seperti USB drive dan eksternal HDD pun bisa digunakan untuk menyimpan data seperti foto, video, ataupun musik.

Berbekal USB OTG dongle, kamu hanya perlu hubungkan smartphone Android dengan media penyimpanan pilihan kamu. iOS sendiri sebetulnya juga memiliki fitur yang serupa, sayang tidak semua perangkat iOS mendukung fitur ini.

1 dari 3 halaman

Dual SIM dan Aplikasi Pihak Ketiga

2. Dual SIM

DualSIM. (Doc: Freedompop)

Seperti slot microSD, banyak smartphone Android yang beredar di pasaran menghadirkan fitur pilihan dual SIM.

Dengan begini, kamu dapat menggunakan satu kartu SIM untuk paket data, dan yang satunya lagi untuk melakukan atau menerima panggilan telepon dan SMS. iOS hingga saat ini masih belum munculkan pilihan ini.

3. Instal Aplikasi Pihak Ketiga

Beberapa aplikasi ini dibuat karena iseng-iseng lho tapi ternyata mendapat respon yang tak terduga dari para pengguna Android.

Kecuali iPhone kamu di jailbreak, tak ada cara yang bisa digunakan untuk menginstal aplikasi di iPhone selain dari App Store.

Di Android, kamu bisa memilih untuk menginstal aplikasi dari Google Play Store atau menginstal APK (Android Package Kit) yang diunduh dari situs manapun.

2 dari 3 halaman

Multiuser dan Wireless Charging

4. Multiuser

Multiuser. (Doc: Android Beat)

Sejak Android 5.0 (Lollipop), Google memberikan opsi di mana pengguna dapat menambahkan akun lain di smartphone atau tablet Android.

Selain dapat 'berbagi' kepemilikan perangkat Android dengan orang lain, kamu dapat menggunakan fitur ini untuk membatasi akses perangkat saat anak atau keponakan ketika meminjam perangkat. Hingga saat ini, Apple masih tidak ada niatan untuk memunculkan fitur ini.

5. Pengisian Daya Nirkabel

Wireless Charging. (Doc: Business Insider)

Salah satu fitur penentu kenapa smartphone Android lebih unggul dari iPhone adalah fitur pengisian daya nirkabel atau wireless charging.

Meski ini bukan fitur khusus dari satu vendor tertentu, pengisian daya nirkabel memungkinkan kamu untuk mengisi daya baterai tanpa harus ribet.

Cukup letakkan di 'bantalan' wireless charging, smartphone kamu pun akan terisi daya baterainya. Tak hanya itu, beberapa vendor juga meningkatkan fitur ini dengan kemampuan pengisian daya baterai nirkabel lebih cepat.

Hanya saja, tak semua smartphone memiliki fitur ini. Biasanya, smartphone yang memiliki fitur ini adalah jajaran smartphone flagship ataupun premium

(Ysl/Cas)

Artikel Selanjutnya
3 Aplikasi yang Bikin Android Kamu Lebih Canggih dari iPhone
Artikel Selanjutnya
5 Aplikasi Ini Perlu Dihapus dari Android Kamu