Sukses

Tesla Tarik 53.000 Model S dan Model X, Mengapa?

Liputan6.com, Jakarta - Tesla melakukan recall (penarikan) terhadap mobil listrik otonomos jenis Model S dan Model X. Recall ini menyusul sejumlah isu rem parkir elektronik.

Mengutip BBC, Jumat (21/4/2017), Tesla mengatakan sekitar 2 persen dari 53.000 mobil yang dibuat antara Februari hingga Oktober 2016, mengalami isu ini, tetapi tidak semuanya ditarik dari peredaran. Akibat penarikan ini, nilai saham Tesla turun 1 persen.

Dalam sebuah pernyataan, Tesla mengatakan bahwa rem parkir elektronik yang dipasang pada Model S dan Model X "mungkin memuat gir kecil yang bisa diproduksi secara tidak benar oleh pemasok pihak ketiga".

Jika gir tersebut patah, menurut Tesla, rem parkir akan terus membuat mobil tidak bergerak, bahkan rem parkir ini akan macet. Tesla menuturkan, sebelumnya tidak pernah ada laporan tentang kegagalan rem parkir.

Pemberitahuan resmi mengenai recall ini akan dikirim kepada pelanggan, berikut informasi bagaimana rem tersebut bisa diganti.

Sekadar informasi, pada 2013, National Highway Traffic Safety Administration, memberi Tesla Model S sebuah peringkat keamanan bintang 5, dan mengatakan bahwa kendaraan tersebut "membuat rekor baru untuk tingkat kemungkinan cedera paling rendah bagi pengemudi dan penumpangnya".

(Why/Isk)

Artikel Selanjutnya
Spesifikasi Google Pixel 2 Kembali Bocor di Internet
Artikel Selanjutnya
Ancaman Malware di macOS Meningkat Tajam