Sukses

Ini Jurus Snapchat Agar Tak Disontek Facebook Lagi

Snap Inc, pembesut Snapchat, membeli paten filter baru dari aplikasi Mobli agar fiturnya tak lagi disontek.

Liputan6.com, Jakarta - Snap Inc baru saja membeli sebuah paten dari 'mantan' pesaing Instagram, Mobli, dengan nilai cukup fantastis, yakni US 7,7 juta atau sekitar Rp 102 miliar. Rupanya, ini adalah salah satu strategi pembesut Snapchat agar fiturnya tak lagi 'dicontek' oleh Facebook cs.

Lalu paten seperti apa yang dibeli oleh Snap Inc?

Seperti dikutip Phone Arena dari Tech Crunch, Sabtu (22/4/2017), paten tersebut adalah geofilter atau filter berbasis lokasi yang hanya muncul jika pengguna berada di sebuah lokasi tertentu. Misalnya saja, festival atau pesta.

Namun, fitur ini tak hanya sekadar filter biasa. Geofilter dirancang agar dapat digunakan untuk partnership atau kebutuhan bisnis. Pengguna dapat mendesain geofilter-nya sendiri dan submit ke Snapchat agar dapat menjadi filter berbayar. 

Belum ada penjelasan spesifik soal paten ini. Namun, filter ini akan tersedia jika pengguna berada di sebuah acara tertentu.

Mobli adalah aplikasi berbagi foto yang diluncurkan pada 2011. Meski versi Android-nya sudah dimatikan, pengguna iOS masih mengunduh aplikasi tersebut. Sayangnya, Mobli tetap belum bisa menggantikan kepopuleran Instagram.

Kabarnya, Snap memang menginginkan paten tersebut untuk dijadikan sebagai 'senjata' mereka agar fiturnya tak lagi dicontek.

Masih ingat saat fitur Stories Snapchat dijiplak Facebook dan Instagram? Sayang, Snap tak bisa menuntut raksasa teknologi tersebut karena fitur tersebut belum dipatenkan. Jika terjadi lagi, setidaknya Snap sudah memiliki paten dan bisa melayangkan gugatan.

Namun, belum diketahui juga apakah Snap Inc juga akan mencaplok Mobli sekaligus atau tidak.

(Cas/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini