Sukses

GPD Pocket, Laptop Terkecil Asal Tiongkok

Liputan6.com, Jakarta - Netbook hingga sekarang tak dimungkiri masih diakui sebagai laptop terkecil yang pernah ada. Alasannya, ukuran dari perangkat tersebut biasanya lebih kecil dari laptop pada umumnya yang berukuran 13 inci.

Namun baru-baru ini, sebuah perusahaan asal Tiongkok mengembangkan laptop dengan ukuran terkecil yang pernah ada, setidaknya untuk saat ini. Bahkan karena ukurannya, laptop ini dapat dimasukkan ke kantong pengguna.

Adalah GamePad Digital, nama perusahaan yang mengembangkan laptop berukuran mini itu. Dikutip dari Business Insider, Senin (24/4/2017), laptop bernama GDP Pocket ini memiliki layar sentuh berukuran 7 inci dan sudah menjalankan Windows 10. 

Memiliki berat kurang dari 1 kg, laptop ini dikembangkan dengan sistem crowdfunding (urun dana) di laman Indigogo. Meskipun berukuran mini, bodi laptop ini dibungkus material alumunium, sama seperti MacBook.

Untuk kebutuhan konektivitas, laptop ini dibekali satu port USB 3.0, satu port headphone, satu port micro HDMI, dan satu port USB Type-C yang dapat dihubungkan dengan dock multifungsi untuk ketersediaan port lebih banyak.

Memiliki layar beresolusi 1200 piksel, laptop ini tak disertai trackpad biasa, melainkan sebuah tombol navigasi kecil. Berbekal bluetooth, pengguna dapat menghubungkan laptop ini dengan mouse, keyboard, termasuk headphone nirkabel.

Laptop ini dipersenjatai Intel Atom dan RAM 8GB. Keperluan menyimpan beragam file diserahkan pada memori dengan kapasitas 128GB. Saat diuji coba, laptop ini ternyata sudah bisa menjalankan gim sederhana seperti Minecraft.

Rencananya, produk ini mulai dipasarkan pada Juni 2017 setelah penggalangan dana mencapai US$ 3 juta. Namun belum dapat dipastikan, apakah laptop ini akan dijual di luar bagi pembeli yang tak mengikuti kampanye di Indigogo. Adapun banderol harga dari GPD Pocket adalah US$ 600.

(Dam/Why)

Artikel Selanjutnya
Tak Cuma Smartphone, Erajaya Fokus Pasarkan Perangkat IoT
Artikel Selanjutnya
Top 3: Tampilan Interior Stasiun Luar Angkasa Internasional