Sukses

Fitur Pengenalan Wajah Galaxy S8 Bisa Dipakai Transaksi?

Sejumlah penyedia layanan kartu kredit dilaporkan berencana memakai fitur pengenalan wajah di Galaxy S8 untuk verifikasi transaksi

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu fitur andalan yang diperkenalkan Samsung pada Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus adalah pemindai wajah. Kehadiran fitur tersebut menambah deretan fungsi keamanan biometrik yang dibenamkan pada smartphone anyar itu.

Namun laporan terbaru menyebutkan, fitur pemindai wajah itu akan memiliki fungsi lain, tak sekadar membuka layar smartphone. The Korea Herald melaporkan sejumlah penyedia kartu kredit di Korea Selatan berencana menggunakan fitur itu untuk verifikasi pembayaran mobile.

Dikutip dari Phone Arena, Senin (24/4/2017), Samsung Cord Co. akan menjadi yang pertama untuk menerapkan fungsi tersebut. Kabarnya, sejumlah institusi finansial kenamaan lain juga akan mengikuti langkah perusahaan tersebut.

Keputusan memanfaatkan pemindai wajah untuk verifikasi pembayaran tak lepas dari kemampuannya yang dianggap lebih baik dari pemindai sidik jari dan kata sandi. Karenanya, fitur ini menjadi alternatif baru untuk mendukung keamanan transaksi mobile.

Terlebih, Samsung pun telah merilis pembaruan kemanan pemindai wajah secara bertahap untuk Galaxy S8 dan Galaxy S8. Pembaruan itu digulirkan untuk menambal kelemahan fitur pemindai wajah yang masih merespons dengan membuka kunci layar saat ditampilkan foto wajah berkualitas tinggi pemilik perangkat tersebut. 

Kendati demikian, sejumlah ahli ternyata masih berpendapat pemindai mata merupakan fitur keamanan biometrik teraman yang ada di perangkat mobile saat ini. Alasannya, berbeda dari sidik jari, pola dari mata manusia hampir tak mungkin diduplikasi bahkan oleh teknologi terkini.

Untuk diketahui, fitur pengenalan wajah yang ada di Galaxy S8 sebenarnya telah lebih dulu hadir di Galaxy Note 7. Hanya, mengingat phablet itu bermasalah, fitur keamanan ini kini mulai disertakan pada smartphone premium Samsung tersebut.

Selain 5 fitur keamanan--PIN, pola, sidik jari, pengenalan iris, dan pengenalan wajah--Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus juga dibekali asisten virtual bernama Bixby. Asisten virtual ini dilklaim lebih cerdas ketimbang layanan serupa, seperti Siri, Cortana, dan Google Now.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini