Sukses

Microsoft Siapkan PC Windows 10 Edisi Snapdragon di Akhir 2017

Liputan6.com, Redmond - Microsoft dikabarkan kembali mengembangkan Windows 10 terbaru dengan bentuk PC mobile. Tak tanggung-tanggung, mereka akan memproduksi perangkat PC Windows 10 yang akan ditopang prosesor Qualcomm Snapdragon 835.

Informasi tersebut disampaikan langsung CEO Qualcomm Steve Mollenkopf dalam conference call dengan para investor belum lama ini. Seperti dilansir Engadget, Senin (24/4/2017), PC Windows 10 edisi Snapdragon akan melenggang ke pasaran pada akhir 2017.

“Kami akan mengembangkan Snapdragon 835 ke ranah PC mobile dengan sistem operasi Windows 10. Kami jadwalkan peluncuran pada kuartal keempat tahun ini,” ucap Mollenkopf.

Sekadar informasi, Windows 10 di PC yang hadir selama ini cuma dapat berjalan di perangkat dengan arsitektur x86 seperti prosesor besutan Intel dan AMD. Nah, prosesor Snapdragon yang digunakan di perangkat mobile justru mengandalkan aristektur besutan ARM.

Nantinya, PC Windows 10 edisi Snapdragon diklaim dapat menjalan aplikasi desktop standar. Microsoft juga menyematkan software emulator di mana bertugas untuk menangani aplikasi Windows yang sering digunakan, seperti Microsoft Word dan Adobe Photoshop.

Sebagai catatan, kinerja perangkat berbasis Snapdragon tak akan sama dengan PC berprosesor kelas desktop. Namun, dayanya akan lebih irit dan pas untuk penggunaan perangkat mobile.

Microsoft sebelumnya juga menggarap PC Windows 8 dengan prosesor mobile, bernama Windows RT. Sayang, Windows RT dianggap produk gagal karena cuma dipakai sejumlah perangkat, seperti tablet Surface dan smartphone Lumia 2520.

(Jek/Ysl)

Artikel Selanjutnya
Microsoft Resmi Merilis Windows 10 S
Artikel Selanjutnya
Microsoft Siapkan Pesaing Chromebook?