Sukses

Pesan Berantai Penipuan Gratis Kuota 50GB Menyebar di WhatsApp

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini pesan berantai penipuan yang mengatasnamakan Telkomsel makin marak menyebar di WhatsApp.

Pesan itu menyebutkan bahwa Telkomsel sedang membagikan gratis kuota 50GB di jaringan 4G. Berikut ini pesan berantai tersebut.

Kabar baik bagi pengguna Telkomsel
Dapatkan Data Internet Gratis 50GB 4G dengan telkomsel Sim untuk 90days,dengan suara terbatas memanggil. Klik di sini untuk mengaktifkan sekarang
👉 http://Telkomsel4G.ml

Untuk memastikan pesan di atas merupakan penipuan sebetulnya sangat mudah. Pertama, situs web yang disebutkan di pesan itu, bukan situs web resmi Telkomsel.

Kedua, situs web itu tidak menggunakan protokol keamanan (https), melainkan hanya protokol biasa (http). Perusahaan sekelas Telkomsel biasanya sudah menerapkan https untuk situs web miliknya.

Ketiga, domain alamat situs web itu, yakni ".ml" merupakan salah satu domain gratisan. Logikanya, tidak mungkin Telkomsel membuat situs web dengan domain gratisan. Keempat, tampilan situs web itu sangat tidak profesional.

Penipuan lewat aplikasi olah pesan makin marak. Liputan6.com/ Mochamad Wahyu Hidayat

Hal lain yang mengindikasikan penipuan adalah pengguna mesti mengetikkan nomor ponsel dan alamat email di situs web itu. Hal ini termasuk salah satu cara yang banyak digunakan penjahat siber untuk mengirim email spam bahkan email phising.

(Why/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini