Sukses

Ternyata Ini Alasan Utama Xiaomi Korbankan Headphone Jack di Mi 6

Liputan6.com, Jakarta - Saat Xiaomi merilis smartphone premiumnya, Xiaomi Mi 6 pekan lalu, ada satu hal yang membuat penggemarnya kecewa. Kekecewaan ini karena perusahaan teknologi asal Tiongkok itu menghilangkan headphone jack 3,5mm-nya.

Lubang untuk menghubungkan kabel headphone itupun digantikan oleh USB Type C yang juga berfungsi untuk pengisian daya dan transfer data.

Lantas apa sebenarnya alasan Xiaomi menghilangkan headphone jack pada Mi 6, apakah hanya ikut-ikutan yang dilakukan Apple?

Rupanya, Xiaomi punya alasan tersendiri yang membuatnya mengorbankan headphone jack. Seperti Tekno Liputan6.com kutip dari Gizmochina, Selasa (25/4/2017), hal ini bukan karena Xiaomi menghadirkan fitur baru pada Mi 6, yakni ketahanan terhadap cipratan air.

Melalui pernyataan resmi Xiaomi dalam laman jejaring sosial Weibo, perusahaan terpaksa menghilangkan fitur penting itu untuk membuat bodi Mi 6 mampu menampung komponen lainnya, salah satunya baterai yang lebih besar.

Selain itu, Xiaomi juga harus tetap memisahkan antarmuka pengisian daya dan antarmuka transfer data pada Mi 6 yang tak mungkin dilakukan tanpa menghilangkan jack audio.

Meski tak dibekali headphone jack, Mi 6 hadir dengan dukungan port USB Type C, sehingga pengguna tetap bisa memakai headphone dengan menghubungkannya ke konektor Type C.

(Tin/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.