Sukses

Headset Pengontrol Drone Perdana DJI Resmi Diperkenalkan

Kemampuan headset ini ternyata tak hanya untuk melihat dari sudut pandang kamera drone, tapi dapat pula digunakan untuk mengontrolnya.

Liputan6.com, Jakarta - Bersamaan dengan peluncuran Mavic Pro tahun lalu, DJI sebenarnya turut memperkenalkan perangkat khusus yang memungkinkan pengguna melihat dari sudut pandang kamera drone. Namun saat itu, tak ada informasi mengenai spesifikasi perangkat tersebut. 

Terkini, perusahaan asal Tiongkok itu akhirnya merilis spesifikasi dari perangkat ini. Memiliki nama DJI Goggles, headset first-person view ini tak hanya digunakan untuk melihat pemandangan dari kamera drone, tapi dapat dipakai untuk mengontrolnya.

Dikutip dari Digital Trends, Kamis (27/4/2017), perangkat ini menyematkan dua layar beresolusi 1920 x 1080 poksel untuk masing-masing mata. Saat dihubungkan dengan Mavic Pro, Goggles dapat menerima transmisi berkualitas 1080p dengan kecepatan 30 fps (frames per second) atau 720p dengan 60 fps.

Untuk mengontrol pergerakan drone, pengguna cukup menggoyangkan kepalanya. Hal itu dimungkinkan karena ada sensor dalam headset yang dapat mengendalikan gimbal drone. 

Selain mengontrol gerakan drone, touchpad yang terletak di sisi headset menawarkan akses cepat untuk modus penerbangan cerdas DJI, seperti ActiveTrack, TapFlya, dan Terrain Follow.

Untuk satu drone Mavic Pro, DJI menuturkan ada dua Goggles yang dapat terhubung secara nirkabel. Sementara untuk drone model lain, seperti Phantom 4, Phantom 4 Advanced, Phantom 4 Pro, dan Inspire 2 diperlukan koneksi langsung dengan port USB. 

Setelah tak terhubung dengan drone, Goggles juga dapat digunakan untuk melihat pratinjau rekaman dengan memanfaatkan port HDMI atau microSD. Perangkat ini disebut dapat bertahan selama 6 jam untuk sekali pengisian daya. 

Menurut rencana, perangkat ini akan mulai dipasarkan pada 20 Mei 2017. DJI memastikan perangkat ini dibanderol dengan harga US$ 449 atau sekitar Rp 5,9 juta. 

(Dam/Isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.