Sukses

Tanya Tekno: Mending Samsung Galaxy C9 Pro atau Oppo F3 Plus?

Liputan6.com, Jakarta - Selamat pagi Tekno Liputan6.com. Salam kenal, nama saya Widya. Saya mau beli smartphone baru, kebetulan ada budget Rp 6 hingga 7 jutaan. Mau minta saran, smartphone mana yang lebih baik dibeli, Samsung Galaxy C9 Pro atau Oppo F3 Plus? Terima kasih, Widya.

___

Halo, Widya! Terima kasih atas pertanyaannya. Kebetulan kami belum pernah melakukan review mendalam terhadap kedua produk ini, tetapi untuk menjawab pertanyaan kamu, kami akan coba berpijak pada spesifikasi utama yang ditawarkan. 

Kedua smartphone ini sama-sama memiliki bentang layar 6 inci beresolusi Full HD, tetapi bedanya, Samsung Galaxy C9 Pro menggunakan super AMOLED, sedangkan Oppo F3 Plus menggunakan IPS LCD. 

Samsung Galaxy C9 Pro. Dok: Erafone

Beralih ke kamera, Samsung Galaxy C9 Pro mempunyai kamera belakang 16MP dengan f/1.9 dan kamera depan 16MP dengan bukaan lensa f/1.9. Oppo F3 Plus memiliki kamera belakang 16MP dengan bukaan lensa f/1.7, serta kamera depan 16MP dan 8MP (wide-angle) dengan bukaan lensa f/2.0. Yang tak kalah penting, kamera utama keduanya sama-sama memiliki Phase Detection Autofocus (PDAF)

Di sektor dapur pacu, Samsung Galaxy C9 Pro mengusung chipset Snapdragon 653, RAM 6GB, dan memori internal 64GB, yang bisa ditingkatkan hingga 256GB. Oppo F3 Plus menggunakan Snapdragon 653, RAM 4GB, dan memori internal 64GB, yang bisa ditingkatkan hingga 256GB.

Oppo F3 Plus Launch Event (Savana/bintang.com)

Baik Samsung Galaxy C9 Pro maupun Oppo F3 Plus sama-sama sudah dilengkapi pemindai sidik jari yang terintegrasi di tombol Home. Untuk sumber daya, keduanya dibekali baterai berdaya 4000mAh dan teknologi pengisian daya cepat.

Setelah paparan spesifikasi utama tersebut di atas, maka bisa dibilang Samsung Galaxy C9 Pro lebih unggul di dapur pacu berkat kehadiran RAM 6GB; sementara chipset, memori internal, dan dukungan memori eksternal keduanya sama persis. Untuk kamera, Samsung mesti mengakui kelebihan Oppo F3 Plus berkat kehadiran kamera depan wide-angle.

Dalam segi harga, Samsung Galaxy C9 Pro dibanderol dengan harga Rp 6,999 juta, sedangkan Oppo F3 Plus seharga Rp 6,5 juta.

Kamu mau pilih yang mana, itu tergantung kamu sendiri. Kalau kamu lebih mementingkan spesifikasi, Galaxy C9 Pro bisa jadi pilihan, tapi kalau kamu lebih memprioritaskan kamera khususnya kamera depan untuk selfie, kamu bisa pilih Oppo F3 Plus. Meski sebetulnya fitur wide-angle bisa menggantikan fungsi tongkat narsis (tongsis) seharga Rp 10 ribuan, yang bagi sebagian orang dianggap ribet untuk dibawa-bawa.

Untuk selengkapnya, kamu bisa cek detail spesifikasi dan fitur kedua smartphone ini di laman resmi Samsung dan Oppo.

______

Bagi kamu yang ingin mengirimkan pertanyaan seputar teknologi, silakan kunjungi tautan ini.

(Why/Ysl)

Artikel Selanjutnya
Bocoran Baru soal Galaxy Note 8 Kembali Curi Perhatian
Artikel Selanjutnya
Galaxy Note 8 Torehkan Skor Tinggi di AnTuTu, Berapa Nilainya?