Sukses

Proses Produksi Terhambat, Peluncuran iPhone 8 Mundur?

Peluncuran iPhone 8 dilaporkan tertunda karena sejumlah masalah pada komponen yang dibutuhkan smartphone tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Peluncuran iPhone 8 dilaporkan mengalami penundaan karena sejumlah masalah pada komponen. Alhasil, peluncuran yang awalnya dijadwalkan pada September akan ditunda sampai November atau awal Desember 2017.

Dilansir dari Phone Arena, Jumat (28/4/2017), para pemasok komponen iPhone 8 kesulitan untuk menyesuaikan dengan jadwal produksi. Komponen yang dimaksud di antaranya panel OLED produksi Samsung dan sirkuit pengisian daya nirkabel (wireless charging).

Menurut laporan, Samsung mengalami sejumlah kesulitan dalam memproduksi panel OLED sehingga perusahaan asal Negeri Ginseng itu kemungkinan tidak bisa menyelesaikan pesanan 70 sampai 90 juta unit panel OLED dari Apple, sesuai jadwal yang telah ditentukan sebelumnya.

Rencananya, seluruh panel OLED itu dikapalkan ke rekanan perakit iPhone, Foxconn, pada Mei 2017. Namun karena masalah tersebut, pengapalan baru bisa dilakukan akhir Juni atau Juli.

Mengenai wireless charging, persoalan overheat (panas berlebih) belum juga bisa diatasi. Sampai masalah itu teratasi, produksi massal belum bisa digelar.

Sejumlah masalah ini membuat produksi iPhone 8 tertunda. Maka itu, menurut sejumlah analis, peluncuran iPhone 8 baru bisa dilakukan secepatnya pada awal Oktober atau November. Tetapi smartphone ini kemungkinan akan tetap diumumkan pada September 2017.

(Din/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.