Sukses

Hoax Analyzer Karya Mahasiswa ITB Juara Imagine Cup Asia Tenggara

Liputan6.com, Jakarta - Tim CIMOL yang beranggotakan mahasiswa ITB memenangkan babak final Microsoft Imagine Cup regional Asia Tenggara dengan karya Hoax Analyzer.

Aplikasi Hoax Analyzer merupakan aplikasi berbasis web yang bertujuan untuk memerangi proliferasi hoax. Aplikasi ini diklaim mampu mengidentifikasi hoax pada sumber informasi tertentu.

Tim CIMOL berharap penemuan mereka akan membantu lebih banyak pengguna untuk memfilter informasi palsu dan memverifikasi sumber klaim sebelum menyebarkannya.

Sementara posisi runner-up pertama dan kedua masing-masing diraih oleh tim HeartSound dari Singapura dan tim Opticode dari Filipina. 

Ketiga tim tersebut akan melakukan perjalanan inovasi ke tingkat berikutnya di Imagine Cup World Finals di Seattle pada bulan Juli mendatang. Hadiah utama kompetisi ini uang tunai sebesar Rp 1,3 miliar dan layanan Microsoft Azure senilai Rp 1,6 Miliar.

Bekerja sama dengan ASEAN sebagai bagian dari Konferensi HUT ke-50, Imagine Cup Asia Tenggara telah mencetak 10 tim pelajar cerdas untuk bersaing menjadi yang terbaik di wilayah Asia Tenggara.

Semua tim terpilih melalui rangkaian kompetisi Imagine Cup tingkat lokal yang diadakan di 13 negara di seluruh wilayah, yakni Bangladesh, Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Filipina, Singapura, Sri Lanka, Thailand, dan Vietnam.

(Why/Ysl)

Artikel Selanjutnya
RI Raih Juara 3 di Festival Musik Tradisional Uzbekistan
Artikel Selanjutnya
Megaxus Kirim Gamer Tanding AyoDance World Championship 2017