Sukses

Cari Tahu Rating Penumpang di Uber Kini Lebih Mudah

Liputan6.com, Jakarta - Mencari tahu rating penumpang di aplikasi Uber ternyata tidak semudah mengetahui rating pengemudi. Namun kini, Uber telah membuatnya lebih mudah.

Per Kamis (27/4/2017), layanan transportasi online asal Amerika Serikat (AS) itu telah merombak aplikasinya dengan fitur baru di mana pengguna bisa mengetahui rating mereka dengan praktis dan cepat.

Pembaruan dilakukan setelah Uber melihat banyaknya komplain soal rumitnya mencari tahu rating penumpang di aplikasi.

Seperti dilansir Macworld, untuk menyimak rating penumpang, pengguna hanya perlu ke profil (dengan tap ikon tiga garis di sudut kiri atas) dan melihat berapa rating yang ditampilkan di bawah namanya sendiri.

Selain banyaknya keluhan yang sulit mencari rating penumpang, alasan lain Uber menghadirkan pembaruan adalah ingin mengingatkan pengemudi untuk memberikan rating ke penumpangnya.

"Banyak sekali pengemudi lupa membubuhi rating ke penumpang setelah perjalanan selesai. Rating adalah poin paling penting di Uber. Tak hanya pengemudi, penumpang juga perlu memiliki rating. Semakin tinggi rating yang diberikan, semakin besar pula kualitas yang dimiliki oleh keduanya," demikian tulis Uber dalam pernyataan resminya.

Selain perombakan sistem rating penumpang, pembaruan lain adalah mekanisme rating pada layanan UberPool. Layanan tersebut memungkinkan kedua penumpang yang berbeda bisa memesan mobil yang sama karena tujuannya searah.

Namun, masalah yang kerap terjadi adalah sistem rating yang tidak adil bagi pengemudi. Pasalnya, pengemudi tidak bisa mengontrol sikap penumpang A terhadap penumpang B dan juga sebaliknya. Jika mereka 'bentrok' dan saling kesal, pengemudi malah akan mendapatkan rating kecil.

Sebagai solusinya, Uber akan memberikan kolom alasan bagi penumpang yang hendak memberikan rating di bawah bintang lima.

Jika alasan soal rute yang terlalu jauh, terlalu banyak jemputan, sikap penumpang lain yang seenak jidat, Uber tidak akan menghitung rating tersebut untuk pengemudi. Ia akan tetap mendapatkan rating bintang lima secara otomatis.

(Jek/Cas)

Artikel Selanjutnya
Meski Mampu, Perlukah Borong Barang Bermerek?
Artikel Selanjutnya
Tak Mau Tiket Pesawat Hangus Saat Libur Panjang? Ini Triknya