Sukses

Diam-Diam, Apple Uji Coba Teknologi Otonomos pada Mobil Lexus?

Apple diam-diam telah menguji coba teknologi otonomosnya pada sebuah kendaraan SUV Lexus RX450h. Benar kah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah mobil Lexus RX450h terlihat meninggalkan fasilitas pengujian milik Apple di Silicon Valley. Apple diyakini tengah melakukan uji coba pada mobil yang dibekali sejumlah sensor otonomos.

Mengutip laporan CNET, Rabu (3/5/2017), laman otoritas kendaraan bermotor California, The California Department of Motor Vehicles, menampilkan informasi Apple telah mendapatkan izin untuk menguji kendaraan otonomos dua minggu lalu.

Apple juga dikabarkan telah bermitra dengan pembesut mobil Mercedes-Benz, Tesla, Waymo, dan Uber yang semuanya sudah diizinkan untuk melakukan pengujian di negara bagian California, Amerika Serikat.

Sumber dari Bloomberg News melihat Lexus tersebut di jalanan Silicon Valley. Mobil berjenis SUV itu terlihat menggunakan beragam sensor, kamera 360 derajat, dan juga sensor 3D LiDAR 64-channel dari Velodyne. Sensor-sensor tersebut terpasang di bagian atap mobil.

CNET menuliskan, serangkaian sensor yang dipasang di bagian atap mobil itu tampak mirip dengan mobil otonomos yang dikembangkan oleh perusahaan lain. Tentunya, ada sejumlah perbedaan sensor yang dikembangkan Apple dibandingkan pembesut teknologi otonomos lainnya yang tak terlihat dari foto Lexus RX tersebut.

Foto itu dipercaya merupakan indikator yang membuktikan bahwa Apple mulai menguji coba kendaraan tanpa sopirnya. Perusahaan juga tidak menjelaskan secara terperinci tentang perkembangan Apple Car atau software CarOS yang lisensinya bisa dijual ke pembesut kendaraan otomotif lain.

Sekadar diketahui, Lexus RX sebelumnya juga dipakai dalam pengujian teknologi otonomos divisi mobil tanpa pengemudi milik Alphabet (Google) Waymo.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.