Sukses

Dikritik Mahal, Bos Telkomsel Anggap Tarif Internetnya Terjangkau

Liputan6.com, Jakarta - Peretasan situs web Telkomsel merupakan salah satu aksi protes hacker terhadap tarif internetnya. Hacker anonim ini mengkritik tarif internet Telkomsel yang dianggap sangat mahal dibandingkan tarif operator seluler lain. Tak main-main, keluhan itu diungkapkannya dengan makian kasar.

Namun, menurut Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah, tarif internetnya sudah termasuk terjangkau. Hal ini disampaikan Ririek pada konferensi pers di Jakarta, Jumat (28/4/2017) sore tadi. 

"Secara konteks yang lebih luas, layanan telekomunikasi itu menyangkut tiga hal. Pertama, harga yang terjangkau. Jika terlalu murah (perusahaan telekomunikasi) tidak akan sehat," kata Ririek. 

Kedua adalah keberlanjutan layanan dan ketersediaan layanan di berbagai wilayah. Menurut Ririek, perusahaan telekomunikasi tak bisa mengembangkan layanan jika tarif yang dibebankan ke pelanggan terlalu murah.

Selanjutnya, ia menyebut bahwa tarif internet di Indonesia (termasuk Telkomsel) sudah relatif murah. Bahkan, Telkomsel merupakan salah satu operator telekomunikasi dengan tarif termurah ketiga di dunia setelah India.

"Berkaitan dengan tiga hal tadi, Telkomsel berkomitmen untuk selalu memberikan layanan terbaik untuk pelanggan semaksimal mungkin. Dengan harga yang terjangkau kami harus maintain kualitas agar layanan bisa maksimal," papar Ririek.

Terkait kehadiran paket data video yang dikeluhkan pengguna, ia mengatakan bahwa Telkomsel memberikan layanan berdasarkan kebutuhan masyarakat. "Semua bergantung kebutuhannya, (ada) masyarakat yang tidak butuh data video tetapi butuh yang lain. Nah kami berupaya memenuhi kebutuhan yang berbeda-beda," tuturnya.

Untuk memenuhi kebutuhan 169 juta penggunanya, Telkomsel menghadirkan berbagai jenis paket yang bisa dipilih pengguna. "Kalau hanya satu pilihan itu sangat umum. Kami mengedukasi masyarakat agar makin cerdas. Masyarakat bisa memilih paket apa yang mereka butuhkan."

Menariknya, pasca-peretasan situs web Telkomsel, netizen justru mengucapkan terima kasih kepada hacker tersebut lewat linimasa Twitter. Netizen juga sepakat bahwa tarif internet Telkomsel terbilang mahal. 

(Tin/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini