Sukses

Gamer Rusia Terancam Dibui Gara-Gara Pokemon Go

Alasan apa yang membuat pria ini dihukum 3,5 tahun penjara?

Liputan6.com, Moscow - Siapa sangka, Pokemon Go juga bisa membawa dampak buruk bagi gamer. Belum lama ini, seorang pria asal Rusia terancam hukuman penjara gara-gara kedapatan bermain Pokemon Go. Mengapa bisa demikian?

Usut punya usut, pria bernama Ruslan Sokolovsky itu ternyata sedang berburu Pokemon di sebuah gereja yang baru dibangun di tempat Kekaisaran Rusia terakhir.

Asyik bermain, ia tak tahu berada di wilayah yang seharusnya tidak dikunjungi orang secara bebas. Sosoknya pun terekam lewat sebuah video dan mendadak viral di Rusia.

Akibatnya, Sokolovsky dituntut hukuman penjara 3,5 tahun oleh jaksa penuntut umum. Berdasarkan putusan jaksa penuntut umum, ia dianggap menyebarkan kebencian akan agama karena tidak tahu aturan bermain di tempat yang seharusnya dilarang.

Kasus yang dialami Sokolovsky juga terjadi pada dua orang wanita dengan tuduhan yang sama pada 2012.

"Saya sangat menyesal atas putusan jaksa penuntut umum yang menuntut saya dihukum 3,5 tahun. Ini kan bukan tindakan kekerasan, saya tidak tahu juga bahwa tempat tersebut adalah gereja yang baru dibangun," kata Sokolovsky sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com via Interfax, Kamis (4/5/2017).

Saat ini, status Sokolovsky adalah seorang pekerja paruh waktu dan mahasiswa. Kuasa hukumnya berharap, Sokolovsky bisa mendapat keringanan hukuman mengingat putusan yang dikeluarkan jaksa penutut umum cukup memberatkan dan tak masuk akal.

Ini bukan pertama kali Pokemon Go membawa pemainnya 'terjun' ke jurang perkara. Berbeda dengan kasus Sokolovsky yang dihukum penjara, kasus-kasus sebelumnya justru mencelakakan pemainnya.

Pada Februari 2017, seorang kakek 60 tahun tewas ditembak oleh penjaga keamanan lingkungan di Chesapeake, Virginia, Amerika Serikat (AS) saat bermain Pokemon Go.

Berdasarkan laporan pengacara Chen, Greg Sandler, kepada stasiun TV lokal WTKR, Chen saat itu sedang bermain Pokemon Go demi sang cucu, memarkir mobilnya dekat dengan sebuah tempat hiburan yang kebetulan terdapat Gym.

Sementara, pada Juli 2016, dua orang gamer terjatuh dari tebing saat sedang bermain Pokemon Go. Kejadian berlangsung di dekat samudera Encinitas, California, (AS). Beruntung, keduanya tak menderita luka berat.

(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.