Sukses

Di Etiopia, Ada 'Mesin ATM' untuk Jual Film Bajakan

Di Etiopia, sebuah mesin yang mirip ATM menjual sejumlah film dan serial TV bajakan.

Liputan6.com, Etiopia - Di Etiopia, Afrika Timur, sebuah mesin mirip ATM bukan berfungsi mengeluarkan uang seperti mesin ATM. Mesin ini adalah mesin penjual film dan serial TV bajakan. Menariknya, film tersebut ditransfer langsung ke pembeli dengan perangkat USB.

Mengutip informasi dari laman TorrentFreak, Kamis (4/5/2017), warga Etiopia kini dapat membeli dan mengunduh beberapa film sekaligus ke dalam USB dengan harga yang murah.

Mesin yang bernama SwiftMedia ini sudah terpasang di seluruh All Mart--semacam mini market di Etiopia--sejak awal 2017. Ada satu orang yang ditugaskan untuk merawat dan menjaga mesin itu.

Adapun, mesin ini menghadirkan beragam paket film yang dapat dibeli mulai dari 25 birr-100 birr atau sekitar Rp 14 ribu hingga Rp 58 ribu.

Cara menggunakannya pun tergolong mudah. Pembeli cukup memasukkan USB drive ke slot yang tersedia, dan tinggal memilih film yang tersedia di dalam mesin.

SwiftMedia merupakan perangkat buatan Escape Computing. Tak ada informasi jelas apakah perusahaan sudah mengantongi izin lisensi film yang dijual. Namun besar kemungkinan film dan serial yang ada di dalam mesin tersebut diunduh secara ilegal via Torrents.

(Ysl/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.