Sukses

Akses Twitter Kini Lebih Hemat Kuota, Begini Caranya

Liputan6.com, Jakarta - Twitter merilis Twitter Lite pada bulan lalu. Layanan ini diklaim lebih hemat data sehingga mempermudah pengguna mengakses situs microblogging tersebut.

Berbeda dengan layanan serupa milik Facebook, Twitter Lite tampil lebih ringkas tanpa sebuah aplikasi. Namun layanan ini tetap bisa ada di home screen (laman utama) ponsel pengguna.

Jika ingin menampilkan Twitter Lite di laman utama ponsel, pengguna hanya perlu merelakan memorinya kurang dari 1MB. Twitter mengklaim layanan ini dapat menghemat data hingga 70 persen, dan lebih cepat 30 persen dalam memuat konten.

Penasaran dengan layanan baru ini? Berikut langkah singkat untuk memiliki Twitter Lite:

Hal pertama yang dilakukan, kalian harus mengakses mobile.twitter.com di browser ponsel atau tablet Android dan iOS. Kemudian login (masuk) menggunakan akun yang sudah dimiliki.

(Liputan6.com/Andina Librianty)

Lalu tap gambar profil kalian. Saat muncul sejumlah opsi, pilihlah pengaturan "Data saver". Setelah "Data saver" diaktifkan, konten gambar akan blur (buram) yang bertujuan untuk menghemat data internet. Selanjutnya, akan muncul keterangan "load image" pada setiap gambar tersebut.

Jangan cemas, kalian tetap bisa melihat gambar dengan jelas jika "load image" tadi di-klik sehingga kalian hanya akan melihat gambar yang diinginkan saja. 

Akses singkat Twitter Lite di layar utama ponsel juga cukup mudah. Untuk pengguna Android, tap tombol menu browser Chrome, untuk menambahkannya ke layar utama. Kalian akan melihat opsi untuk menambahkan Twitter Lite ke layar utama.

Sementara untuk pengguna iOS tidak jauh berbeda. Bila mengakses mobile.twitter.com di Safari, klik menu "Share" yang ada di bagian bawah layar. Lalu pilih opsi "Add to Home Screen".

Voila! Twitter Lite pun akan muncul di laman utama ponsel kalian. Namun perlu diingat, karena ini adalah versi Twitter "hemat", tidak semua fitur ada di Twitter Lite. Salah satunya adalah live streaming.

 

Meski beberapa fitur absen di Twitter Lite, setidaknya layanan ini bisa menjadi pilihan bagi pengguna yang ingin menghemat kuota internet mereka. Selamat mencoba!

(Din/Cas)

Artikel Selanjutnya
Pengguna Android Bisa Akses Website Tanpa Internet, Ini Caranya
Artikel Selanjutnya
Tips Tetap Eksis di Media Sosial Sekaligus Hemat Kuota