Sukses

Intip Gaya Warga Korea Utara Saat Menggunakan Smartphone

Meski mahal, sejumlah penduduk Korea Utara memiliki smartphone. Seperti apa gaya warga Korea Utara saat pakai smartphone?

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone dianggap sebagai barang mewah di Korea Utara. Business Insider dalam laporan yang Tekno Liputan6.com kutip, Jumat (5/5/2017) menyebutkan hal tersebut bisa dilihat dari kepemilikan smartphone yang tidak dominan di negara Kim Jong-un itu.

Menurut data operator seluler Korea Utara Koryolink, jumlah pelanggan data di sana mencapai 3 juta orang, padahal jumlah penduduk Korea Utara tercatat sebanyak 24 juta jiwa. Artinya, akses internet di Korea Utara sangat dibatasi.

Selain itu, hanya ada dua operator seluler di Korea Utara, yakni Koryolink dan Byol. Menurut laporan, keduanya juga akan digabungkan dan mendapat pengawasan ketat dari pemerintah. Artinya, seluruh aktivitas dengan ponsel dan smartphone bisa dikontrol oleh pemerintah.

Menurut seorang guru komputer ekspatriat di Pyongyang, Will Scott, seperti dilansir Vice, tak semua masyarakat Korea Utara punya ponsel.

Mereka yang memiliki ponsel adalah kalangan pebisnis atau keluarga berada. Seperti apa sih gaya warga Korea Utara saat menggunakan smartphone dan ponsel?

Berikut sejumlah foto dari Nextshark dan berbagai sumber lainnya. Foto-foto ini dijepret oleh fotografer asal Tiongkok, Christian Petersen-Clausen yang melakukan perjalanan ke Korea Utara selama beberapa hari. 

Seorang penduduk menggunakan smartphone di sebuah stasiun (Sumber: Nextshark)

Foto di atas memperlihatkan seorang pria sedang berjalan di Stasiun Pyongyang sambil serius melihat smartphone-nya. 

Begitu tajirnya pria ini, sampai-sampai ia memiliki dua ponsel. Padahal ponsel dan smartphone adalah barang mewah di Korea Utara (Sumber: Nextshark)

Sementara, pria berbaju kuning di atas tampak sedang membawa dua telepon genggam, entah berjenis smartphone atau ponsel biasa. Ia juga tampak memeluk anjingnya yang sedang duduk di tembok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anak Sekolah Bawa Smartphone 

Smartphone memang menarik generasi muda di manapun, termasuk di Korea Utara. Hal ini tampak dari foto di bawah ini.

Dua siswa perempuan berseragam sekolah ini tampak sedang asyik menggunakan smartphone mewah di tempat umum (Sumber: Nextshark)

Dua siswi sekolah di Korea Utara tampak sedang melihat layar smartphone. Mengingat ponsel hanya untuk orang kaya, kedua siswi tersebut pastilah berasal dari keluarga berada. 

Pria paruh baya yang naik sepeda ini tampak gaya menggunakan bluetooth headset yang dihubungkan ke ponselnya (Sumber: Nextshark)

Pria paruh baya dalam foto di atas tampak sedang menaiki sepeda dengan bluetooth headset menempel di telinganya. Ia juga tampak membawa sebuah ponsel atau mungkin smartphone yang disematkan di sabuk celananya. 

Foto terakhir memperlihatkan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un saat sedang memimpin sebuah rapat. Seperti orang kebanyakan, sebuah smartphone terlihat tergeletak di dekatnya. Menurut laporan Huffington Post, smartphone yang digunakan oleh Kim bukanlah produk Samsung. 

Ia diduga menggunakan smartphone milik perusahaan Taiwan, HTC. Sayangnya, pihak HTC tak membenarkan maupun menyanggah informasi tersebut. 

(Tin/Isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.