Sukses

Siri iPhone 7 Selamatkan 3 Nelayan yang Nyaris Tenggelam

Asisten virtual Apple, Siri, kembali menyelamatkan nyawa manusia, kali ini 3 nelayan di Florida selamat dari kapal tenggelam berkat Siri.

Liputan6.com, Florida - Asisten virtual Apple, Siri, baru-baru ini dilaporkan telah menyelamatkan tiga orang nelayan di Florida. Fox 4 menyebut bahwa ketiga nelayan tersebut hampir tenggelam di lautan lepas pantai Key Biscayne, Florida, Amerika Serikat.

Mengutip laman CNET, Sabtu (6/5/2017), ketiganya berada di perahu setinggi 18 kaki atau sekitar 5,5 meter yang mulai kemasukan air dan hampir tenggelam.

Para nelayan mengenakan jaket pelampung dan seseorang sudah mencoba menghubungi 911. Sayangnya, upaya itu terhambat oleh jari-jari yang basah, nelayan itu pun tak bisa menggunakan layar sentuh iPhone-nya.

Tak putus asa, ia lalu memanggil asisten virtual Siri dengan perintah "Hey, Siri", kemudian ia memintanya untuk menelepon bantuan.

"Untungnya, mereka memiliki sebuah iPhone 7 yang memiliki fitur ketahanan terhadap air. Meski begitu, salah satu nelayan tak bisa membuat panggilan karena terhambat jari yang basah," kata salah satu petugas penyelamat James Barrett.

Nelayan tersebut, kata Barrett, menggunakan Siri untuk menelepon 911. Tak lama, sebuah helikopter penjaga pantai menemukan para nelayan yang kemudian diselamatkan oleh polisi Miami-Dade.

Ini bukan pertama kalinya Siri berhasil menyelamatkan nyawa seseorang. Sebelumnya di Inggris, balita 4 tahun menggunakan Siri untuk menyelamatkan ibunya yang pingsan.

Selain itu, seorang ibu di Australia memerintahkan Siri untuk menelepon ambulans, sementara sang ibu merawat putri kecilnya yang tiba-tiba pingsan.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.