Sukses

Tips Tetap Eksis di Media Sosial Sekaligus Hemat Kuota

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu faktor yang kerap disalahkan atas konsumsi data smartphone adalah media sosial. Hal itu masuk akal karena aplikasi semacam Facebook, Instagram, atau Twitter tetap memuat konten saat kondisi tak aktif. 

Kondisi itu tak jarang membuat pengguna smartphone enggan mengakses media sosial melalui jaringan seluler sendiri dan lebih memilih Wi-Fi. Padahal, jaringan Wi-Fi tak selalu didapatkan dengan mudah. 

Untungnya, sejumlah perusahaan mengerti masalah tersebut dan menghadirkan solusi yang lebih hemat data. Beberapa perusahaan mengatasinya dengan meluncurkan aplikasi terpisah, sedangkan lainnya menawarkan opsi pengaturan tertentu.

Penasaran seperti apa solusi yang ditawarkan media sosial untuk membuat pengguna lebih hemat data? Simak informasi berikut ini yang dikutip dari laman Make Use Of, Sabtu (5/5/2017). 

1. Facebook Lite

Tak hanya menawarkan aplikasi dengan akses data yang lebih sedikit, aplikasi ini juga dapat menghemat memori perangkat ketimbang saudara tuanya, aplikasi Facebook standar.

Hal itu dimungkinkan karena penggunaan data oleh aplikasi ini lebih sedikit. Salah satunya disebabkan pemutaran video yang tak berjalan apabila kamu tak menyalakannya.

Selain itu, apllikasi ini masih dapat berfungsi di wilayah dengan sinyal yang buruk. Namun kehadiran fitur itu ditukar dengan beberapa keterbatasan, seperti gambar yang dikompres lebih besar dan absennya fitur GIF untuk komentar.

2. Twitter Lite

Ilustrasi Twitter. Kredit: Freepik

Layanan ini sebenarnya baru diperkenalkan Twitter sejak bulan lalu. Kehadiran layanan ini diklaim lebih hemat data dan mampu memuat informasi lebih cepat ketika koneksi lambat.

Twitter Lite sebenarnya menggunakan teknologi Progressive Web App, yang dapat menghemat data hingga 70 persen dan 30 persen lebih cepat memuat konten.

Bagi kamu yang ingin memulai menggunakan Twitter Lite, dapat melihat caranya di tautan berikut ini.

1 dari 2 halaman

Instagram dan Snapchat

3. Instagram

Ilustrasi Instagram. (via: istimewa)

Layanan milik Facebook ini tak dimungkiri telah menjadi salah satu aplikasi andalan untuk berbagi foto. Namun perlu diketahui, aplikasi ini juga menghabiskan internet lebih besar.

Alasannya, Instagram akan terus memuat foto baru di timeline secara berkala. Proses itu tetap berjalan termasuk saat aplikasi ini tak digunakan.

Namun tak perlu khawatir, sebenarnya ada solusi untuk hal tersebut. Kamu cukup mengubah pengaturan dengan membuka "Profile", pilih "Options", lalu "Cellular Data Use" dan aktifkan "Use Less Data".

Dengan demikian, konten timeline tak muncul secara otomatis dan memerlukan persetujuanmu agar dapat ditampilkan. Namun opsi ini hanya aktif saat terhubung dengan jaringan seluler dan tak berlaku ketika terkoneksi Wi-Fi. 

4. Snapchat

Logo snapchat. (businessinsider.com)

Sama seperti Instagram, Snapchat juga menerapkan metode yang sama untuk layanannya. Jadi, aplikasi ini akan memuat seluruh konten terlebih dulu secara background.

Proses ini tak hanya membuat konsumsi data terus berjalan tapi juga menghabiskan daya baterai. Karena itu, Snapchat menyediakan opsi Travel Mode.

Untuk mengaktifkannya, buka "Profile", pilih "Settings" dan "Additional Service". Setelah itu, buka "Manage Preferences" dan aktifkan "Travel Mode".

(Dam/Cas)

Artikel Selanjutnya
5 Fakta Media Sosial yang Mengubah Dunia
Artikel Selanjutnya
Cookpad Indonesia Luncurkan Gerakan Berbagi 1000 Tusuk Sate