Sukses

Tips Mudah Membersihkan Lubang Audio Jack di Smartphone

Berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan lubang audio jack di smartphone.

Liputan6.com, Jakarta - Lubang audio jack merupakan salah satu komponen penting yang harus tersedia di smartphone  saat ini. Kehadirannya memungkinkan pengguna untuk mendengarkan musik atau menonton video secara lebih personal.

Sayangnya, tak seluruh pengguna smartphone merawat atau membersihkan bagian itu. Padahal, kondisi lubang audio jack yang bersih dapat menunjang kemampuannya.

Berikut ini ada beberapa cara untuk membersihkan lubang headphone yang Tekno Liputan6.com himpun dari beberapa sumber, Senin (7/5/2017). Dengan cara ini, diharapkan komponen itu dapat terjaga lebih lama. 

1. Kaleng Kompresor

Bagi kamu yang kerap membersihkan komputer mungkin sudah tak asing dengan kompresor udara berbentuk kaleng. Alat ini biasanya digunakan untuk membersihkan bagian dalam komputer.

Sama seperti saat digunakan pada komputer, kamu cukup mengembuskan alat ini ke lubang itu. Salah satu keuntungan penggunaan alat ini adalah potensi kerusakan yang dihasilkan sangat kecil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kapas

2. Kapas

Saat memakai kapas, kamu dapat mengaitkannya ke penyangga agar bisa mengusap bagian dalam. Kamu juga bisa mengoleskan alkohol di kapas tersebut.

Sebagai catatan, penggunaan alkohol saat membersihkan lubang sebaiknya tak dilakukan terlalu sering. Meski sangat membantu saat membersihkan bagian dalam, penggunaan alkohol dapat menyebabkan korosi. 

3. Headphone jack

Meski jarang diketahui, jack pada headphone sebenarnya dapat digunakan untuk membersihkan bagian dalam lubang. Kamu juga bisa mengoleskan alkohol saat membersihkan bagian tersebut.

Namun pastikan smartphone dalam keadaan mati saat memakai alkohol. Caranya, kamu cukup meletakkan sedikit alkohol pada ujung headphone jack dan mencoloknya ke lubang di smartphone.

Perlu diingat, saat menggunakan metode ini kamu harus sangat berhati-hati agar tak menyebabkan kerusakan perangkat. Selain itu, jangan masukkan cairan alkohol langsung ke bagian dalam lubang headphone.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini