Sukses

Xiaomi Tolak Disebut sebagai Apple Versi Tiongkok

CEO Xiaomi Lei Jun menuturkan pihaknya kini lebih tepat jika disandingkan dengan ritel serba ada asal AS, bernama Costco Wholesale Corp.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak muncul pada 2010, Xiaomi kerap dibandingkan dengan Apple. Hal itu terjadi mengingat produk dan karakteristik perusahaan yang mirip dengan perusahaan asal Cupertino, AS, tersebut.

Namun dalam wawancara terbaru, CEO Xiaomi Lei Jun menolak apabila perusahannya disandingkan dengan Apple. Menurutnya, Xiaomi kini lebih tepat jika dibandingkan dengan Costco Wholesale Corp., sebuah ritel serba ada asal Amerika Serikat.

"Kami memiliki sistem nilai yang sama dengan Costco. Kami ingin pengguna memiliki produk yang lebih baik dengan harga terjangkau," ujarnya seperti dikutip dari laman Bloomberg, Sabtu (6/5/2017).

Apple diketahui selalu menjual barang dengan harga mahal dan mengambil margin yang besar. Hal berbeda dilakukan Costco yang menjual barang dengan margin lebih kecil tapi mengandalkan pendapatan dari biaya keanggotaan bulanan.

Strategi serupa memang tengah diadopsi oleh Xiaomi. Untuk mendorong pertumbuhan pendapatan, sekarang perusahaan asal Tiongkok itu mulai menawarkan penjualan dari sisi layanan dan aplikasi.

Perubahan strategi juga dilakukan untuk mendongkrak penjualan perangkatnya. Tak seperti sebelumnya yang mengandalkan penjualan online, Lei memilih menerapkan konsep efisiensi berbasis internet pada penjualan offline.

Untuk informasi, Xiaomi memang tengah mengubah citra perusahaan dalam beberapa tahun terakhir. Perusahaan itu tak ingin lagi dikenal sebagai pabrikan smartphone tapi merupakan perusahaan teknologi inovatif. 

(Dam/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.