Sukses

4 Fitur Google Now yang Jarang Diketahui Pengguna Android

Berikut ini ada empat fitur Google Now yang dapat membantu pengguna Android

Liputan6.com, Jakarta - Google telah mengumumkan kehadiran Google Assistant untuk pengguna smartphone Android di luar Pixel. Namun belum seluruh pengguna Android dapat mencicipi kemampuan asisten virtual tersebut.

Kendati demikian, Google sebenarnya telah menanamkan kemampuan yang tak kalah menarik di Google Now. Sayangnya, tak seluruh pengguna mengenal kemampuan dari fitur bernama Now on Tap tersebut.

Lantas apa saja kemampuan dari Now on Tap yang dimanfaatkan pengguna perangkat Android? Berikut ini ada empat fitur utama dari fitur tersebut yang dikutip dari laman Make Use Of, Sabtu (13/5/2017).

1. Menerjemahkan kata

Cara ini sangat cocok bagi kamu yang enggan memasang Google Translate di smartphone. Melalui cara ini, kamu dapat menerjemahkan kata-kata secara langsung tanpa perlu membuka aplikasi tersebut.

Untuk melakukannya, kamu cukup menandai kata yang ingin diterjemahkan. Setelah itu, aktifkan Now on Tap di Google Now dengan menekan tombol Home selama beberapa detik dan hasil terjemahan akan langsung dimunculkan.

Mengingat tak seluruh teks dapat langsung ditandai, seperti di aplikasi chatting atau media sosial, kamu dapat mengaktifkan fitur ini dengan cara yang agak berbeda.

Cukup membuka halaman yang ingin diterjemahkan, lalu aktifkan Now on Tap dan pilih ikon seperti jari menunjuk. Kemudian, pilih kata yang ingin diterjemahkan dan hasil terjemahan pun muncul.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengambil screenshot lebih mudah

2. Akses pintas ke banyak aplikasi

Google Now juga menyediakan akses pintas ke sejumlah aplikasi utama. Saat berada di laman utama smartphone, kamu cukup mengaktifkan Now on Tap dan jalan pintas untuk membuat pengingat, menyalakan alarm atau mengaktifkan timer akan muncul di layar.

3. Mengambil screenshot lebih mudah

Metode yang lumrah digunakan untuk mengambil screenshot pada perangkat Android adalah menekan tombol Home dan volume bawah bersamaan. Namun sebenarnya ada cara lebih mudah, yaitu dengan memanfaatkan fitur di Google Now.

Dengan cara ini, kamu cukup memilih layar yang akan diambil, lalu aktifkan Now on Tap. Setelah terbuka, pilih tombol Share yang muncul dan secara otomatis layar tersebut akan diambil gambarnya.

4. Mengenal gambar yang ditampilkan

Fungsi lain yang juga jarang diketahui adalah kemampuan mengenali gambar yang ditampilkan di layar smartphone. Kemampuan ini mirip dengan yang dimiliki Bixby, asisten virtual besutan Samsung.

Sama seperti sebelumnya, kamu cukup mengaktifkan Now on Tap ketika ingin mengenal sebuah gambar di layar smartphone. Kemampuan ini dapat dipakai pada gambar yang baru diambil atau yang sudah tersimpan di galeri.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.