Sukses

Ikuti Apple, Apa Alasan Xiaomi Buang Audio Jack pada Mi 6?

Xiaomi mengikuti langkah Apple menghilangkan audio jack 3,5mm pada Mi 6. Apa alasan sebenarnya?

Liputan6.com, Jakarta - Kemunculan smartphone premium Xiaomi Mi 6 April lalu membuat penasaran banyak orang, tetapi tak sedikit yang kecewa karena Xiaomi menghilangkan audio jack 3,5mm. 

Xiaomi bukanlah perusahaan smartphone pertama yang menghilangkan audio jack 3,5mm pada perangkatnya. Sebelumnya Apple juga melakukan hal serupa pada iPhone 7. Apakah Xiaomi mengekor Apple?

Xiaomi rupanya punya alasan tersendiri atas hal ini. Dalam sebuah pernyataan kepada Android Central yang Tekno Liputan6.com kutip, Senin (8/5/2017), Xiaomi mengungkapkan audio jack dihilangkan untuk memberi ruang lebih besar bagi baterai. Dengan demikian, kapasitas baterai Mi 6 bisa ditingkatkan.

"Smartphone merupakan sebuah produk terintegrasi dan komponen-komponen di bagian internalnya sangat penting. Dengan menghilangkan audio jack, kami bisa mendapatkan ruang untuk komponen lainnya, seperti baterai dengan kapasitas lebih besar," kata Xiaomi dalam pernyataannya.

Xiaomi menambahkan, penggunaan USB Type C untuk menghubungkan smartphone dengan audio jack sudah jadi hal umum. Walaupun audio jack dihilangkan, Xiaomi berkomitmen untuk terus menghadirkan kualitas suara lebih baik.

Sekadar diketahui, Xiaomi Mi 6 yang memiliki layar 5,15 inci sama dengan pendahulunya. Namun perusahaan memutuskan untuk meningkatkan kapasitas baterai 10,5 persen lebih besar, dari 3.000mAh menjadi 3.350mAh.

Smartphone kamera ganda ini menghilangkan audio jack 3,5mm yang sebelumnya ditempatkan ke bagian atas Mi 5. Jika saja audio jack Mi 6 ditempatkan di posisi yang sama dengan Mi 5, mungkin Xiaomi bakal mengalami kesulitan dalam menempatkan kamera gandanya.

Selain mendukung penempatan kamera ganda dan baterai berkapasitas lebih besar, ada keunggulan lain yang diberikan Mi 6 dengan mengorbankan audio jack, yakni ketahanan terhadap percikan air.

Meski audio jack dihilangkan, pecinta Xiaomi tak perlu khawatir karena perusahaan memberikan konektor USB Type C pada kemasan Xiaomi. Dengan demikian, pengguna bisa menghubungkan headphone ke Mi 6 melalui konektor tersebut. Selain itu, pengguna juga bisa menggunakan bluetooth headphone untuk mendengarkan musik melalui Mi 6. 

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini