Sukses

Ini 11 Startup Terpilih Plug and Play Indonesia Angkatan Pertama

Liputan6.com, Jakarta - Setelah mengadakan rekrutmen pada Februari 2017, akselerator startup Plug and Play Indonesia mengumumkan 11 startup terpilih pada Senin (8/5/2017). Pada proses pemilihannya, Plug and Play menggandeng perusahaan investasi lokal Gan Kapital untuk mencari startup yang akan diakselerasi ke tahap selanjutnya.

Seperti diungkap Wesley Harjono, President Director Plug and Play Indonesia, ada sekitar 400 startup yang mencoba mengikuti rekrutmen angkatan pertama yang berlangsung selama dua bulan. Selain Jabodetabek, startup-startup tersebut juga berasal dari Bandung, Yogyakarta, Bali, Singapura, Malaysia, Hong Kong, India, Brasil, dan Jerman.

Adapun ke-11 startup terpilih angkatan pertama antara lain Dana Didik, KYCK, Otospector, Bustiket, Karta Indonesia Global, Sayurbox, Brankas, Astrnt, Bandboo, Wonderlabs, dan Toucan.

"Dari 400 aplikasi yang masuk, kami memiliki 50 startup untuk pitching pada Maret 2017. Pada sesi ini, startup menjelaskan profil timnya, model bisnis, traction, dan rencana keuangan," kata Wesley saat membuka acara pengumuman 11 startup terpilih Plug and Play Indonesia di Setiabudi, Jakarta.

Jika lolos, startup ini akan kembali diundang untuk melakukan pitching tahap akhir di hadapan pihak Plug and Play Indonesia, Asia Pasifik, dan Silicon Valley, serta mitra korporat Plug and Play Indonesia seperti BNI, Astra Internasional, dan Sinarmas.

"Mitra korporat kami juga punya hak suara yang besar dalam menentukan startup yang masuk ke dalam program akselerasi kami, mengingat salah satu benefit yang didapatkan oleh startup ini adalah kesempatan untuk bekerja sama dengan perusahaan korporat," lanjut Wesley.

Tak hanya kerjasama dengan perusahaan korporat, startup terpilih juga akan diberikan seed funding serta beberapa keuntungan lain, seperti program mentorship 1-on-1, akses eksklusif bekerja di co-working space ternama di Kuningan, Jakarta, serta workshop berbagai topik untuk mengasah kemampuan startup.

Tak tanggung-tanggung, Plug and Play juga menyediakan 60 mentor ahli di berbagai bidang. Beberapa di antaranya Kevin Darmawan (Coffee Venture), Sebastian Sieber (Lazada), Sukan Makmuri (Kudo), Anton Soeharyo (Touchten), Natali Ardianto (Tiket.com), Nikita Semenov (Zen Room), Norman Sasono (Bizzy), Mark Winkel (Prisma Public Relations), dan Rama Mamuaya (Daily Social).

Nantinya, Plug and Play Indonesia akan mengadakan Demo Day sebagai sesi acara puncak akselerasi angkatan pertama pada Agustus 2017. Di sana, startup terpilih akan melakukan pitching dan demonstrasi produk di hadapan mitra, perusahaan korporat, investor, dan media.

(Jek/Cas)

 

Artikel Selanjutnya
RI Raih Juara 3 di Festival Musik Tradisional Uzbekistan
Artikel Selanjutnya
GnB Accelerator Batch Ketiga Siap Gembleng 6 Startup Pilihan