Sukses

Pengguna Android Bisa Akses Website Tanpa Internet, Ini Caranya

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna Android mulai bisa mengakses laman web tanpa perlu koneksi internet. Hal ini karena Google telah menghadirkan sebuah fitur di peramban Chrome yang membuat pengguna Android bisa menyimpan laman untuk dibaca kemudian.

Hanya dengan menekan layar agak lama, pengguna bisa menyimpan tautan kemudian membaca isi dalam laman web tersebut meski sedang tak terhubung dengan jaringan internet. Misalnya saja saat pengguna sedang di pesawat atau di pedalaman tanpa internet.

Seperti Tekno Liputan6.com kutip dari CNBC, Selasa (9/5/2017), fitur Chrome ini memungkinkan pengguna menyimpan keseluruhan laman web, sehingga mereka bisa melihatnya kemudian.

Lalu, bagaimana cara menyimpan sebuah laman web?

1. Pastikan bahwa kamu telah memperbarui peramban Chrome pada Android-mu ke versi terbaru. Ingat, kamu harus memperbaruinya melalui Google Play Store.

2. Buka aplikasi peramban Chrome lalu masuk ke sebuah laman web yang ingin dibaca kembali nanti, contohnya Liputan6.com.

3. Pilih satu link atau tautan yang ingin kamu baca, tekan agak lama link tersebut. Di sana akan ada beberapa opsi yang muncul di menu pop-up. Opsi yang dimaksud di antaranya adalah Open in new tab, Open in incognito tab, Copy link address, Copy link text, dan Download link. Kamu hanya tinggal memilih opsi "Download link".

4. Saat kamu sudah mengunduh link yang dimaksud, kamu bisa membukanya meskipun sedang dalam kondisi offline alias tak terhubung dengan koneksi internet.

Matikan koneksi internet, lalu buka link yang sudah diunduh, laman web pun bisa dibuka tanpa akses internet (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Selamat mencoba ya!

(Tin/)

 

Artikel Selanjutnya
3 Alasan Mengapa Kamu Wajib Gunakan Virtual Private Network
Artikel Selanjutnya
Ini 3 Hal yang Patut Kamu Ketahui Soal Android Oreo