Sukses

Berburu Tenaga IT, iCIO Community Teken MoU dengan UI dan Binus

iCIO Community) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan UI dan Binus untuk meningkatkan pendidikan digital indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Perkumpulan Chief Information Officer Indonesia (iCIO Community) baru saja menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) dan Universitas Bina Nusantara (Binus) untuk meningkatkan program pendidikan digital sekaligus memperkuat relasi dunia bisnis dan pendidikan.

Kesepakatan ini selaras dengan rencana pemerintah untuk mengembangkan pengembangan ekosistem digital di Tanah Air. Terlebih, pemerintah telah mencanangkan misi menjadi negara berbasis ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020.

Penandantangan ini turut disaksikan oleh Dirjen Aplikasi Informatika dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, Samuel Pangerapan dan Staf Ahli Bidang Teknologi, Herry Abdul Azis.

Sekretaris Jenderal iCIO Community Ongki Kurniawan menuturkan kerja sama ini tak lepas dari kesulitan yang dihadapi para CIO saat merekrut sumber daya manusia (SDM) yang punya kemampuan dan pengetahuan digital yang cukup. Untuk itu, kerja sama ini dilakukan untuk membantu mahasiswa meningkatkan kapasitas dan kapabilitasnya.

"Masalah ini sebenarnya tak hanya terjadi di Indonesia, tapi juga seluruh dunia. Karenanya, kerjasama dengan institusi pendidikan tinggi ini dilakukan agar mahasiswa lebih siap terjun di industri digital yang berkembang sangat cepat," tuturnya saat penandatanganan yang dilakukan di Jakarta, Selasa (9/5/2017).

iCIO Community akan bekerja sama dengan FTUI dan Binus dalam pengembangan kurikulum, penyediaan informasi kesempatan praktik kerja di perusahaan anggota iCIO Community bekerja, guest lecture, hingga penelitian. Melalui kerja sama ini, iCIO Community juga akan mendorong kerja sama dunia bisnis dengan perguruan tinggi untuk membantu tranformasi digital di Indonesia.

Kerja sama iCIO Community dan FTUI sebenarnya telah dimulai sejak satu tahun lalu melalui program iCIO Contribute. Program itu merupakan sarana berbagi pengalaman dan pengetahuan beragam praktik teknologi informasi dan informatika di lingkungan bisnis dan Focus Group Discussion oleh para CIO.

Wakil Rektor Binus Idris Gautama yang turut hadir dalam acara ini juga menyambut baik kerja sama dengan iCIO Community. Ia mengatakan kunci kesuksesan dari misi pemerintah untuk menjadi kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara berasal dari kesiapan SDM. Untuk itu, kerja sama ini menjadi salah satu cara mendapatkan SDM berkualitas di bidang digital.

(Dam/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini