Sukses

5 Smartphone dengan Dua Kamera Depan untuk Penyuka Selfie

Liputan6.com, Jakarta - Di media sosial, selfie sangat populer. Selama 2014, menurut perkiraan statistik Google, setidaknya terdapat 93 juta selfie per hari, itu pun hanya selfie yang diambil di perangkat Android.

Aksesori semisal tongkat selfie (tongkat narsis/tongsis), sejalan dengan tren tersebut, menjadi kian lumrah. Bahkan sejumlah vendor, seakan tak ingin melewatkan peluang emas, memfokuskan diri menggarap smartphone dengan kamera depan yang diklaim mampu memaksimalkan selfie.

Untuk itu, kali ini Tekno Liputan6.com merangkum daftar smartphone dengan dua kamera depan yang sangat cocok buat kamu penyuka selfie. Apa saja smartphone tersebut, simak paparannya berikut ini. 

1. Lenovo Vibe S1

 

Diperkenalkan pertama kali di ajang IFA di Berlin pada September 2015 silam dan dirilis di Indonesia dua bulan kemudian, Lenovo Vibe S1 merupakan smartphone pertama yang memiliki dua kamera depan. Dari sini tentu bisa ditebak bahwa smartphone ini menyasar secara khusus penyuka aktivitas swafoto alias selfie. 

Kamera pertama beresolusi 8MP dan kamera kedua beresolusi 2MP. Kamera pertama berfungsi untuk memotret foto paling tajam, sedangkan kamera kedua menganalisis kedalaman dari area informasi, seperti meniru cara kerja penglihatan binokular manusia. Kedua kamera bekerja secara bersamaan.

Lenovo Vibe S1 memiliki layar 5 inci beresolusi 1080 full-HD. Soal hardware, smartphone ini ini telah dipersenjatai chipset MediaTek 6753, RAM 3GB, dan memori internal 32 GB.

Spesifikasi lainnya adalah kamera belakang 13MP, koneksi LTE, dan baterai 2.500 mAh.

1 dari 3 halaman

Vivo dan Oppo

2. Vivo V5 Plus

Smartphone dengan dua kamera depan selanjutnya adalah Vivo V5 Plus, yang dirilis ke pasar Indonesia pada Februari 2017.

Kamera depan utama Vivo V5 Plus, yang didukung sensor Sony IMX376, beresolusi 20MP. Sementara kamera depan sekundernya beresolusi 8MP, yang berfungsi untuk menangkap informasi depth-of-field.

Selain dari aspek hardware, di aspek software Vivo V5 Plus juga menyematkan fitur andalan berupa Bokeh Mode dan Shot Refocus.

Soal spesifikasi, smartphone ini sudah didukung chipset Snapdragon 625, RAM 4GB, dan memori internal 64GB. Smartphone dengan bentang layar 5,5 inci ini juga dilengkapi pemindai sidik jari yang terintegrasi di Home Button, yang diklaim dapat digunakan untuk membuka smartphone dalam waktu 0,2 detik.

Untuk sistem operasi, smartphone dengan dukungan baterai berkapasitas 3160mAh dan teknologi pengisian daya cepat ini menjalankan Funtouch OS 3.0 yang berbasis Android 6.0 Marshmallow. 

3. Oppo F3 Plus

Oppo F3 Plus menggebrak pasar Indonesia pada akhir Maret 2017 lalu. Smartphone ini memiliki kamera belakang 16MP dengan bukaan lensa f/1.7, serta kamera depan 16MP dan 8MP (wide-angle 120°) dengan bukaan lensa f/2.0. Kamera belakangnya sudah memiliki Phase Detection Autofocus (PDAF).

Di sektor dapur pacu, smartphone berlayar 6 inci ini menggunakan Snapdragon 653, RAM 4GB, dan memori internal 64GB, yang bisa ditingkatkan hingga 256GB. 

Smartphone dengan baterai berdaya 4000mAh dan teknologi pengisian daya cepat ini sudah dilengkapi pemindai sidik jari yang terintegrasi di Home Button.

 

2 dari 3 halaman

Infinix dan LG

4. Infinix S2 Pro

Infinix, yang dikenal sebagai salah satu mitra Google dalam proyek Android One, memboyong S2 Pro ke Indonesia pekan lalu. Perusahaan asal Hong Kong itu percaya diri bersaing dengan kompetitornya berkat dua kamera selfie 13MP dan 8MP dengan wide-angle 135°.

Smartphone berlayar IPS 5,2 inci menggunakan chipset Mediatek 6753 dengan 64-bit Octa-core dengan RAM 3GB dan ROM 32GB.

Guna mendukung performa, smartphone yang menjalankan Android Marshmallow berbasis X-OS ini dibekali baterai berkapasitas 3000mAh dengan kemampuan X-Charge untuk efisiensi daya dan pengisian cepat serta pemindai sidik jari. 

5. LG K10 (2017)

LG K10 (2017) sebetulnya tidak dibekali dua kamera depan, melainkan hanya satu kamera depan beresolusi 5MP. Namun kami tetap memasukkannya ke daftar artikel ini karena kamera depannya sudah wide-angle 120°.

Smartphone yang meramaikan pasar Indonesia per akhir Maret 2017 ini memiliki kamera belakang beresolusi 13MP.

Bila dibandingkan dengan LG K10 generasi sebelumnya, terdapat sejumlah pembaruan fitur, beberapa di antaranya adalah prosesor 1,5GHz Octa-core dan sistem operasi Android Nougat.

(Why/Isk)

Artikel Selanjutnya
Adu Kamera Xiaomi Mi A1 vs Galaxy Note 8, Lebih Kece Mana?
Artikel Selanjutnya
Samsung Resmi Umumkan Galaxy J7+ dengan Kamera Ganda