Sukses

Alipay Gebrak Pasar Negeri Paman Sam

Alipay akan ekspansi bisnis ke Amerika Serikat. Ia akan tersedia sebagai opsi pembayaran alternatif pada 4 juta akun klien First Data.

Liputan6.com, California - Alipay, layanan one-stop portal yang menawarkan solusi pembayaran cashless, akhirnya mengumumkan ekspansi bisnis ke Amerika Serikat (AS).

Menurut yang dilansir Mashable pada Senin (15/5/2017), platform pembayaran terbesar di Negeri Tirai Bambu itu dipastikan akan masuk ke pasar AS dalam waktu dekat.

Masuknya Alipay ke AS tak lepas dari bentuk kesepakatan perusahaan dengan platform pembayaran online First Data. Nantinya, Alipay akan tersedia sebagai opsi pembayaran alternatif dalam 4 juta akun klien First Data.

Meski tersedia di AS, Alipay tak menampik ingin meraih jaringan pengguna dari negara Tiongkok yang tinggal di Negeri Paman Sam. "Tujuan kami adalah memperluas jaringan ke lebih dari 4 juta orang Tiongkok yang tinggal di AS," kata President Alipay AS, Souheil Badran dalam pernyataan resminya.

Kini, perusahaan yang sudah re-branding menjadi Ant Financial Services Group itu sudah menyediakan pembayaran bagi lebih dari 450 juta pengguna aktif di Tiongkok dan sekitarnya.

Alipay bisa dipakai untuk membayar transaksi transportasi online, hotel, membeli tiket bioskop, membayar sejumlah tagihan, pembayaran jasa dokter, dan membeli produk keuangan serta mengelolanya.

Ant Financial pun makin melebarkan sayapnya ke luar Tiongkok dengan berbagai kerja sama, misalnya dengan partner lokal di India, Asia Tenggara, dan Korea Selatan untuk menghadirkan pembayaran secara digital dan layanan finansial yang inovatif bagi pengguna lokal.

Terbaru, platform pembayaran Ant Financial akan mulai beroperasi di Indonesia melalui platform sosial BlackBerry Messenger (BBM) yang kini dikelola oleh Emtek. Tercatat, BBM saat ini memiliki 63 juta pengguna di Tanah Air.

BBM juga telah bertransformasi dari aplikasi pesan menjadi platform yang menyediakan berbagai layanan untuk memudahkan penggunanya.

(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.