Sukses

Bukalapak Gelar Development Competition Berhadiah Rp 250 Juta

Liputan6.com, Jakarta - Untuk mendukung para pengembang aplikasi lokal di Indonesia, Bukalapak menggelar kompetisi bertajuk Bukalapak Development Competition 2017.

Para pengembang yang berlatar belakang pelajar maupun profesional IT akan bersaing untuk mengembangkan aplikasi mobile berbasis application program interface (API) Bukalapak yang bisa diakses oleh umum.

Vice President of Engineering Bukalapak, Ibrahim Arief mengatakan kompetisi ini merupakan upaya Bukalapak untuk membangun ekosistem baru yang mendukung pengembang lokal di Indonesia dalam menciptakan aplikasi.

"Kami mengajak para developer lokal untuk berkreasi membuat sesuatu yang inovatif dengan mengembangkan mobile apps kami," kata Ibrahim saat ditemui di Kantor Bukalapak, Kemang, Jakarta, Rabu (10/5/2017).

Ibrahim mengatakan, para peserta yang berkompetisi wajib menggunakan API Bukalapak yang sudah disediakan dan bisa diakses secara terbuka. Idenya pun harus orisinil alias belum pernah dibuat sebelumnya.

Cara pendaftarannya, peserta harus membuat sebuah video atau poster yang menjelaskan ide aplikasi yang akan dibuat. Selain itu, peserta harus mencantumkan nama aplikasi, manfaat dan tujuan pembuatan aplikasi, ilustrasi aplikasi, dan nama tim. Selanjutnya, video bisa diunggah ke YouTube dengan durasi maksimal tiga menit.

Untuk poster, peserta harus menyertakan tujuan pembuatan aplikasi maksimal dalam 30-40 kata, ilustrasi sederhana aplikasi dalam bentuk gambar atau skema pada poster ukuran A4. Pendaftaran kompetisi ini mulai dibuka sejak 10 April 2017-22 Mei 2017.

Bukalapak menyediakan hadiah uang tunai dengan total Rp 250 juta. Nantinya pihak Bukalapak akan memilih lima tim pemenang dengan pembagian hadiah Rp 128 juta untuk juara pertama, Rp 64 juta untuk juara kedua, Rp 32 juta untuk juara ketiga, Rp 16 juta untuk juara keempat, dan Rp 8 juta untuk juara lima.

Bukan hanya itu, pemenang juga bisa mendapatkan kesempatan untuk direkrut menjadi tim pengembang aplikasi di Bukalapak. Aplikasi yang dibuat para pemenang juga berkesempatan untuk diintegrasikan dengan aplikasi milik Bukalapak.

Tambah Tim Developer

Tak hanya untuk tujuan kompetisi, Bukalapak juga memiliki keinginan untuk ekspansi besar-besaran dan makin mengembangkan sistemnya menjadi lebih baik lagi. Untuk itu tahun ini Bukalapak punya target merekrut lebih banyak engineer.

Menurut Ibrahim, perusahaan berencana untuk merekrut setidaknya 70 orang engineer dalam waktu dekat.

"Kami menargetkan tahun ini Bukalapak punya 220 engineer. Kalau sekarang ada 150 engineer yang berkantor di Jakarta dan Bandung," kata Ibrahim.

(Tin/Cas)

Artikel Selanjutnya
Daftar Terbaru 10 Artis Cantik Terkaya di Muka Bumi
Artikel Selanjutnya
Mau Kredit Mitsubishi Xpander Tenor 10 Tahun? Ini Syaratnya